Tips Berpetualang Backpacker Khusus Para Gadis.

Backpacker dengan menggunakan tas rangsel dan berjalan disepanjang jalan adalah dunia lelaki. Eiit, tunggu dulu. Backpacker tidak selalu diasumsikan untuk lelaki, sementara para gadis harus menggunakan koper untuk berpetualang. Sebuah asumsi yang salah besar, karena perempuan juga bisa jadi backpacker sejati. Dengan menggunakan tas rangsel, perempuan bisa menjadi petualang yang hebat. Dengan kelebihan yang dimilikinya, bisa menjadikan momen perjalanan menjadi sangat menarik.

Gadis Backpacker Melakukan Petualang

Gadis Backpacker Melakukan Petualang

Ada beberapa yang perlu dipersiapakan untuk menjadi seorang gadis backpacker, selain pengalaman tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi juga butuh beberapa kemampuan sederhana untuk menciptakan suasana menjadi lebih seru dan bergembira. Pastinya, gadis backpacker sanggup melakukan petualangan apalagi jika dalam melakukan perjalanan dilakukan bersama-sama dengan sahabat dekat, hmm pastinya lebih menyenangkan bukan?

KUNCI PINTU DAN SIAPKAN SEMUANYA

Melakukan petualangan perlu memikirkan dengan menggunakan moda transportasi apa ketika berpetualang. Apakah menggunakan mobil? atau kendaraan umum? Bahkan dengan sepeda motor sekalipun. Karena pemilihan transportasi akan memberikan pengalaman dan cara yang berbeda dalam petualangan. Sebelum meninggalkan pintu rumah, pikirkan baik-baik apa saja yang akan dibawa di dalam tas. Coba aplikasi sederhana ini #My Traveling. Beberapa barang mungkin tidak usah dimasukan dalam tas. Karena bisa saja mendapatkan barang tersebut ketika di tempat wisata. Misalnya kaos dan celana, pada tempat tertentu sering membeli oleh-oleh kaos, jadi lebih efisien membeli dan dipakai sekaligus.

Banyak gadis petualang membawa hampir semua isi kamar dalam satu tas yang super besar. Itu sebuah kekeliruan yang tidak bisa dibayangkan, selain berat dan tidak eregonomis ketika dibawa juga bisa menyebabkan cidera ketika membawa tas rangsel tersebut. Perempuan cenderung mempunyai berat badan yang ringan, walaupun kelihatan gemuk. Dengan membawa tas yang besar, bisa saja membuat tas rangsel menjadi gangguan dan cidera saat menggendong tas tersebut. Tas ransel pada saat ini mempunyai ukuran dalam satuan liter, biasanya day bag mempunyai ukuran sekitar 30liter. Nah untuk melakukan petualang lebih dari 2 hari, dengan menggunakan tas rangsel 50 liter sudah sangat cukup.

Selain membawa tas besar, perlunya membawa mini bag untuk menempatkan beberapa barang yang sangat penting seperti handphone, uang dan beberapa barang lain. Namun apabila ada day bag yang multifungsi, sepertinya itu adalah pilihan yang baik. Anda bisa menempatkan kamera atau handycam, beberapa baju, dan pocket mini untuk tempat barang kecil. Kalau naik pesawat ingat juga, bahwa tas rangsel bisa jadi memiliki kesamaan dengan yang dipakai oleh orang lain, untuk mengantisipasi hal tersebut buat tas anda berbeda dengan tas pada umumnya, misal dengan memberikan tanda seperti pin atau gantungan resleting tas.

My Travelling

My Travelling

Yang tidak bisa dilupakan adalah merencanakan sebuah perjalanan yang menarik, bisa dibaca lengkapnya #disini. Jangan sampai petualangan menjadi kacau balau gara-gara tidak siap dalam perjalanan nantinya.  Siapkan rencana yang benar-benar matang yang terjadwal, bukan dengan mengingat-ingat tentang petualangan tersebut. Ingat, #catat dan jadwalkan.

SAFETY FIRST

Keselamatan adalah nomor satu untuk sebuah petualangan gadis backpacker. Berbeda dengan lelaki yang cenderung tidak masalah dengan kondisi perjalanan wisata. Namun untuk perempuan lain cerita, harus mempersiapkan diri dengan baik dan benar tentang fungsi dan tata cara keselamatan diri. Kalau gadis backpacker bisa olah raga bela diri / karate bisa menjadi nilai plus, namun apakah semua perempuan bisa ahli dalam bela diri? Keselamatan yang dimaksud disini adalah  keselamatan diri sendiri dan barang yang dibawa.

Bagi gadis backpacker disarankan menggunakan pakaian yang sopan, sederhana dan tidak menunjukan atau memamerkan yang bisa memicu terjadinya mara bahaya. Berpakaian tertutup sangat disarankan dibandingkan dengan menggunakan celana pendek dan kaos tang-top. Bagaimana dengan petualangan di pantai? Tetap saja menjaga pakaian tetap rapat dan sopan, karena bisa menjaga dari segala bentuk masalah yang tidak di inginkan. Apalagi kalau berada di tempat yang sepi misalnya pantai dan pegunungan.

Kalau menggunakan kendaraan roda dua, pakailah helm standar yang berlisensi SNI, jangan lupa kancingkan tali helm. Kepala adalah bagian terpenting manusia dan sangat bisa mengalami kerusakan bila terjadi kecelakaan. Lebih baik membeli helm yang ekstra safety dan mahal, dari pada membeli helm murahan dan gampang pecah. Untuk yang naik mobil, pakai selalu safety belt dan menyetirlah dengan hati-hati. Bila mengantuk, segera istirahat atau minum sebentar.

Memakai Helm Untuk Keselamatan Diri

Memakai Helm Untuk Keselamatan Diri

Mewaspadai aksi pencopetan dan lain sebagainya saat di kendaraan umum, jaga dompet dan perlengkapan lainnya dengan ketat. Tidak disarankan menyimpan dompet disaku belakang. Amankan di dalam tas, dan bawa uang secukupnya di saku. Kalau tas dengan ukuran 50 liter atau kurang bisa menaruh didepan agar mudah untuk mengawasi.

Untuk menjaga barang yang dibawa, jangan menunjukan barang-barang berharga secara terbuka. Orang bisa saja berniat seketika itu juga  dan melakukan pencurian ketika melihat barang yang dibawa bukan? Misalnya cincin atau kalung yang terbuat dari emas, HP atau tablet yang mahal, dan beberapa barang lain yang bisa menjadi pemicu masalah. Letakan barang-barang tersebut dirumah (cincin, gelang, dll), atau di dalam tas rangsel bagian dalam (HP, tablet, dll). Bawalah uang secukupnya didalam dompet atau kantong celana, untuk uang cadangan silakan tempatkan didalam kotak tas khusus yang disimpan didalam tas. Jangan membawa uang terlalu berlebihan, dan jangan pula meninggalkan uang atau barang berharga didalam kamar hotel karena bisa menyebakan rasa khawatir yang berlebihan, niat orang untuk mengambil, dan kehilangan . #Baca cara memilih hotel.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah seringlah memberikan kabar tentang petualangan tersebut kepada orang dekat yang bisa dipercaya. Dengan memberikan kabar terbaru, akan memberikan rasa nyaman kepada anda dan orang lain. Ketika ada masalah, orang yang dekat bisa say hallo untuk melakukan respon balik tentang keberadan anda saat ini.

TETAP CANTIK

Tampil modis dan cantik adalah keinginan dan dambaan setiap perempuan, namun bagaimana saat melakukan petualangan backpacker? Tentu saja sebagai perempuan tampil cantik saat traveling sangat disarankan. Namun bukan berarti anda harus berdandan mencolok dan menggunakan make up super tebal, atau sebaliknya berpenampilan ala kadarnya tanpa riasan sedikitpun. Ada beberapa tips yang penting, yang membuat anda menjadi gadis yang anggun, nampak seperti perempuan elegan dan cantik.

Para  Gadis Petualang Alam

Para Gadis Petualang Alam

Perbarui penampilan anda pada rambut, jangan biarkan rambut terurai begitu saja tanpa diikat. Ini adalah gadis petualang, bukan gadis dengan dandanan super make up yang sedang berjalan-jalan di Mall. Kalau anda menggunakan jilbab atau kerudung, itu sangat membantu memberikan rasa cantik dan tidak mengganggu tas rangsel ketika diletakkan punggung. Bagi yang berambut panjang, mengikat atau memakai bando atau riasan lain yang tidak membuat rambut terurai sangat baik dilakukan. Karena anda sedang membawa tas rangsel, jadi jangan biarkan rambut menjadi gangguan.

Beriaslah dengan tipis, tidak banyak menggunakan riasan bedak yang tebal. Riasan yang tipis dan didukung dengan penampilan yang rapi, elegan akan membuat nampak lebih cantik. Bagaimana mungkin gadis backpacker berdandan secara glamor sementara sedang melakukan petualangan di alam terbuka, lalu terkena paparan sinar matahari yang terik atau bercucuran air keringat / air laut. Bisa-bisa riasan make-up membuat wajah semakin menakutkan. Kalau memang perlu menggunakan sunblock atau pelembab, gunakan saja karena itu akan membantu menjaga kulit tidak kering.

Tetap Tampil Cantik di Alam Terbuka

Tetap Tampil Cantik di Alam Terbuka

Pilihlah pakaian yang elegan namun bisa tetap tampil cantik saat berpetualang, bukan pakaian yang menunjukan keseksian diri. Namun juga tidak berarti menggunakan pakaian ala kadarnya dan sama setiap harinya, hanya kaos dan kaos. Memakai pakaian yang bervariasi namun tetap menjaga norma kesopanan sangat dianjurkan. Bervariasi seperti pakaian untuk petualangan siang hari tentu saja berbeda dengan yang akan dipergunakan di malam hari bukan? Ingat, pakaian yang elegan, tidak senonok, bervariasi dan sopan. Memakai celana panjang atau rok tetap bisa dilakukan selama bisa mengatur ritme dan tentu saja safety first.

JAGA KONDISI BADAN

Seorang gadis backpacker lebih banyak jalan kaki dan membawa tas rangsel dipunggung, so pastikan badan tetap sehat dan kuat dalam kondisi lingkungan di tempat wisata. Apalagi perempuan selalu suka dengan belanja oleh-oleh, tentu saja ini membuat tas semakin berat. Kalau sedang dalam pengobatan atau alergi atau bisa sakit tiba-tiba, membawa obat-obatan yang diperlukan saat tertentu bisa disiapkan jauh-jauh hari.

Gadis Petualang Pantai

Gadis Petualang Pantai

Jangan sampai kelelahan diperjalanan, lalu seharian tidur dihotel. Padahal jadwal berpetualang masih menanti. Makan dan minum yang sehat adalah kunci menjaga tubuh tetap berfungsi, membawa botol kecil berisi air mineral pada tas rangsel sangat berguna apabila anda sering berjalan kaki. Dehidrasi bisa saja menyerang bila melakukan perjalanan dibawah terik matahari. Beberapa snack kecil bisa dibawa untuk menganjal perut yang lapar sebelum bertemu dengan restoran.

Semakin banyak bergerak, semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan. Kalau dibutuhkan minuman berenergi, silakan saja minum untuk menjaga kondisi tubuh.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 14 Mei 2013, in coretan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Reblogged this on hailjhon and commented:
    good

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: