4 Persiapan Untuk Merencanakan Perjalanan Wisata.

Pertanyaan yang sering mampir di benak seseorang yang hendak melakukan petualang wisata adalah, apa saja yang harus disiapkan? Bagi kebanyakan orang, untuk melakukan petualang wisata memerlukan banyak persiapan, namun tidak sedikit yang hanya mengandalkan informasi sederhana yang pernah didengar.

SONY DSC

Nah, perjalanan akan menarik apabila seseorang sudah mempersiapkan dengan cermat dan matang sehingga segala kendala yang akan dihadapi ketika berada di tempat wisata menjadi ringan. Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk melakukan petualang yang menarik, simak ya..

1. Informasi Tempat Wisata

Informasi tempat wisata merupakan hal paling penting untuk ditelursi lebih dalam apabila seseorang akan melakukan perjalanan wisata. Informasi ini terkait dengan apa yang hendak dilihat disana? Apakah  pemandangan alam, atau tempat bersejarah dan wisata budaya. Cari tau bagaimana cara untuk menuju ke tempat tersebut. Untuk wisata budaya bisa mengakses web dinas pariwisata pemerintah atau informasi web dari koran lokal tentang kapan diadakan event tersebut. Kalau perlu mencari tau berapa tiket masuk saat ini, minimal sudah paham berapa yang nanti dikeluarkan.

Apabila ingin perjalanan beberapa hari, lakukan dengan deskripsi mana tempat yang akan dikunjungi pertama kali dan tempat-tempat selanjutnya. Jangan sampai, tempat yang hendak dikunjungi jaraknya terlalu jauh sehingga waktu hanya habis di perjalanan saja. Tempat terdekat lebih menarik dari pada tempat yang jauh tapi habis di waktu.

2. Lokasi

Lokasi yang dimaksud adalah arah jalan, biasanya di setiap kota ada penunjuk arah menuju tempat wisata. Namun bagaimana dengan tempat wisata yang belum dikelola pemerintah? Untuk tempat tersebut bisa melakukan pelacakan dengan menggunakan Google Maps dengan mesin browser atau smartphone sekarang. Pemilihan lokasi menjadi sangat penting untuk menghidari pemborosan waktu perjalanan. Lebih baik disiapkan rute perjalanan dari pada berputar-putar dengan jalan yang sama, terlalu tidak efektif.

Menulis dan mencatat lokasi juga menjadikan faktor penting apabila seseorang belum pernah berada di daerah tersebut. Ini lebih hemat dari pada menyewa guide tour. Namun pada pertualang yang ekstrime, lebih disarankan menggunakan guide lokal sebagai menunjuk lokasi.

3. Budget

Anggaran juga merupakan faktor penting utuk melakukan sebuah petualangan wisata. Melebihkan uang untuk perjalanan sangat di anjurkan, jangan mempersiapkan paspasan. Perlu di perhatikan juga tersedianya uang cash (ATM) ditempat yang hendak di kunjungi. Tempat yang jauh dari mesin ATM, usahakan membawa uang secukupnya untuk hanya berada disana, makan, tiket dan oleh-oleh, selebihnya lebih baik disimpan saja. Terlalu banyak membawa uang cash membuat perjalanan tidak nyaman karena hanya khawatir terhadap uang tersebut.

Hitung dengan sederhana berapa kira-kira anggaran yang perlu disediakan untuk melakukan perjalanan wisata. Misalnya, Bahan Bakar Minyak, biaya kendaraan dan guide, biaya makan dan minum, hotel dan penginapan, pembelian oleh-oleh dan pernak pernik wisata, tiket masuk wisata, dan lain-lain.

4.  Perlengkapan Sederhana

Perlengkapan sederhana yang dimaksud adalah perlangkapan yang hanya sekadar dibutuhkan untuk bertahan hidup ketika melakukan perjalanan wisata. Perlengkapan ini disesuaikan dengan tempat dan lama yang hendak dilakukan. Misalnya perjalanan dipantai, bawalah pakaian yang ringan dan tidak menyerap panas. Untuk perjalanan selama 3 hari bisa membawa pakaian yang cukup untuk selama 3 hari, tidak usah membawa banyak pakaian hanya untuk dikatakan modis.

Apabila membawa kamera atau handycamp, kalau hanya sekedar berpetualang bawalah yang prioritas. Kecuali memang perjalanan tersebut didedikasikan untuk keilmuan dalam seni fotografi. Bawa perlengkapan tersebut dengan menggunakan tas rangsel seperti layaknya backpacker atau koper apabila memang perjalanan wisata melebihi 2 hari. Membawa perlengkapan yang terbatas namun berfungsi maksimal sangat disarankan untuk menghidari segala kemungkinan buruk yang terjadi.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 7 Februari 2013, in Ide, Perjalanan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: