Tips dan Tricks Menggoreng Kentang Biar Crispy Kriuk-Kriuk

Setelah lama ndak mengeluarkan tips memasak, saatnya bagi-bagi tips dan tricks pengalaman yang didapat dari tetangga sebelah waktu masak. Nah, ternyata kalau mau crispy banyak caranya. Termasuk pengalaman bagaimana memasak jamur tiram yang susah untuk crispy. Ndak ada salahnya untuk mencoba model yang sama ini dengan menggunakan bahan dasar jamur. Namun kali ini tips dan tricks memasak yang ada hubungannya dengan yang namanya Kentang (Solanum tuberosum L.). Tanaman Kentang ini lebih subur dan pas ditanam di daerah pengunungan atau dataran tinggi. Kalau di jawa tengah, pusat tanaman kentang yang paling baik adalah di Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau). Kondisi cuaca yang ekstrim dingin dengan sumber air yang melimpah menjadikan tamanan kentang mudah untuk tumbuh subur dan menghasilkan banyak sayur kentang.

Tapi, adventurer..bukan tanaman kentang yang akan dibahas namun tentang bagaimana cara memasak dengan asyik tuh umbi kentang. Selain dimasak dengan cara dibuat bergedel (perkedel), umbi kentang juga lebih enak dinikmati dengan cara di goring crispy alias renyah kriuk-kriuk. Kalau para Petualang membeli kentang crispy dari supermarket yang dimasukan di Freezer, sebenarnya freezy itulah yang berfungsi sebagai alat untuk menjadikannya lebih terasa crispy. Buat yang beli umbi kentang baik biasa atau khusus untuk di goring, ndak mungkin mahal-mahal buat beli freeze untuk menjadikannya crispy renyah dan kriuk-kriuk. (Bilang saja ndak ada uang.. :D)

So, Petualang bisa mencoba sendiri memasak umbi kentang agar crispy. Kebiasaan yang dilakukan para koki Petualang adalah selama ini ketika menggoreng kentang begitu matang diangkat dan ditiriskan, nggak ada lima menit sudah langsung nglemprek  (lemas) bak kumbahan teles semampir.. hehe. Berikut ini tips yang bisa teman-teman coba di rumah. Kalau bisa sebaiknya ada freezer (kulkas) yang berfungsi membuat si kentang lebih bisa crispy:

Caranya :

  1. Iris kentang bentuk balok, ukurannya kurang lebih 1 cm x 1 cm x 5 cm.
  2. Cuci kentang yang sudah diiris sampai airnya benar-benar jernih.
  3. Rebus kentang hingga setengah matang.
  4. Angkat, tiriskan dan dinginkan.
  5. Masukkan kentang yang sudah dingin ke dalam freezer (pendingan kulkas untuk membuat es) paling tidak 1 jam.
  6. siap untuk digoreng dan dihidangkan.
Mudah kan? 😀
  1. tks beraat atas ide kentang crispynya, krn aku&keluarga amat menggemari kentang gr ini

Tinggalkan komentar