Sinopsis Film : Lake House (How do you hold on to someone you’ve never met)

Sebuah film romance yang menarik untuk dilihat, tentang bagaimana saya atau anda mempertahankan seseorang yang belum pernah bertemu sebelumnya? Aneh bukan. Bagaimana cara seseorang yang menjaga perasaan untuk hadirnya seseorang yang ia tunggu sekian lama yang belum sama sekali bertemu, dan akhirnya bertemu dengan cara yang luar biasa..hmm menarik sekali rasanya.

Lake House Disutradarai oleh Alejandro Agresti , dan dibintangi oleh Keanu Reeves dan Sandra Bullock sebagai Alex Wyler dan Kate Forster, masing-masing hidup dalam sebuah keadaan yang berbeda dimana Alex si arsitek hidup pada tahun 2004 dan sementara Kate seorang dokter berada di tahun 2006.

Kedua bertemu melalui sebuah kotak surat “aneh” di rumah dekat danau, dimana mereka berdua tinggal di tempat yang sama namun terpisah oleh waktu (Alex di tahun 2004 dan Kate di tahun 2006). Awal kisah pada tahun 2006, Kate mengunjungi Lake House (rumah kate sendiri) untuk menenangkan diri setelah seorang pria mati dalam pelukannya karena dihantam oleh bus tanpa ia bisa menolongnya. Ketika itu, Kate memasukan sebuah surat (pesan) untuk penghuni baru yang akan menempati rumah tersebut.

Di hari yang sama pada tahun 2004, Alex menerima sebuah pesan pada kotak surat di rumah dipinggir danau tersebut, berisikan tentang penghuni yang dulu (ternyata dari Kate yang tinggal di tahun 2006) berpesan agar ketika ada surat atau barang-barang yang masih tertinggal didalam rumah untuk bisa di antar dirumah barunya disebuah apartemen di kota. Kemudian Alex membalas dengan mengirimkan pesan, meminta Kate untuk mengirimkan alamatnya yang baru. Lalu alamat dikirim melalui kotak surat tersebut.

Pada suatu malam, Alex  mengecek alamat yang diberikan Kate. Namun keanehan dan kebingungan muncul ketika Alex menuju alamat tersebut, hanya ada sebuah bangunan konstruksi apartemen yang belum jadi, dan akan selesai sekitar 18 bulan lagi. Alex merasa Kate mempermainkan dirinya, dengan mengirimkan sebuah alamat yang salah. Namun Kate tetap bersikukuh bahwa alamat yang diberikannya adalah benar.

Pada akhirnya mereka berdua perlahan mulai menyadari bahwa mereka sedang berkomunikasi antar waktu, Alex hidup di tahun 2004 sementara Kate ditahun 2006, dimana mereka berkomunikasi melalui kotak surat.

Waktu berlalu, Kate dan Alex terus berkomunikasi dengan mengirimkan pesan melalui kotak surat tersebut, dan mereka menyadari bahwa mereka saling jatuh cinta. Untuk membuktikan bahwa mereka berdua berada di waktu yang berbeda. Kate meminta Alex untuk melakukan sesuatu, yaitu menemukan novelnya yang tertinggal di stasiun.

Kate yang berada di masa depan memberitahukan kepada Alex bahwa novel kesukaanya tertinggal di stasiun tersebut pada tahun 2004. Dan meminta Alex untuk menyimpan Novel tersebut. Ternyata benar, Alex menemukan sebuah novel yang tertinggal di kursi stasiun.

Sebenarnya sebuah pertemuan pernah terjadi, namun saat itu Kate tidak menyadari bahwa Alex pernah bertemu dengannya disebuah pesta dansa adalah Alex yang sedang berkomunikasi sekarang. Alex datang ke rumah Kate saat sedang berlangsung pesta dansa. Alex sebenarnya yakin bahwa Kate yang ada didepannya adalah Kate yang sedang berkomunikasi pada 2006. Kate yang saat itu masih menjadi mahasiswa kedokteran, tidak mau tahu siapa Alex.

Pada suatu ketika, mereka berencana untuk bertemu di tahun 2006, dimana Alex memesan restoran untuk bertemu bersama (di tahun 2006). Setelah menerima pesan itu, Kate bergegas ke restoran. Namun hampir sekian lama Kate menunggu Alex di restoran tersebut, Alex tidak kunjung datang. Hingga restoranpun tutup lalu Kate meninggalkan Restoran dengan hati yang sedih.

Esoknya Kate menghubungi Alex, dan menanyakan kenapa Alex tidak datang di restoran tersebut? Alex mulai kebingungan, ia tidak mengerti mengapa ia tidak datang ke restoran tersebut. Karena memang Alex yang sekarang tidak tau apa yang terjadi padanya ditahun 2006. Alex bertanya mungkinkah sesuatu terjadi di masa depannya? Perasaan yang sakit, memutuskan mereka untuk tidak saling bertemu lagi. Mereka berpisah tanpa saling mengirim pesan dengan kotak surat, namun sebenarnya perasaan keduanya tidak pernah berubah, mereka tetap masih saling menyayangi.

Pada tahun 2008, Kate pergi ke Visionary Vanguard Associates, sebuah kantor arsitek untuk membicarakan pekerjaan renovasi apartemennya, tanpa menyadari bahwa tempat tersebut dijalankan oleh saudara Alex, yang bernama Harry.

Kate tanpa sengaja melihat sebuah lukisan cat air yang indah, ia-pun merasa mengenal lukisan tersebut yang bergambar Rumah Danau. Lalu Kate bertanya kepada Harry “Siapa yang melukisnya?” Harry mengatakan: “Bahwa lukisan tersebut dibuat oleh Alex Wyler, saudaranya, yang sudah meninggal 2 tahun lalu, tepat hari ini karena tertabrak bus disebuah jalan dekat teman”. Kate-pun menyadari, bahwa laki-laki yang meninggal di pelukannya tahun 2006 lalu adalah Alex, lelaki yang sangat ia cintai.

Kate segera bergegas menuju Lake House, dan mengirim pesan. Kate memberitahunkan kepada Alex bahwa orang yang mati hari itu (yang tidak bisa ia selamatkan), dua tahun silam, adalah Alex. Kate menyuruh agar Alex tidak menemuinya ditaman pada tahun 2006. Namun terlambat, Alex telah pergi untuk mencari dan melihat Kate di Daley Plaza (tahun 2006) dimana tempat Alex meninggal karena kecelakaan tertabrak bus.

Ketika Alex kebingungan, apakah akan segera menemui Kate atau tidak. Alex lalu membaca sebuah kertas kecil yang berisi pesan dari Kate, yang memintanya untuk menunggunya hingga waktu yang telah ditentukan. Dalam pesan itu tertulis “Aku mencintaimu”.

Kate meminta agar Alex menunggu 2 tahun, dan untuk tidak mencarinya atau mencoba menemukannya. Dan akan bertemu di hari yang sama pada tahun 2008 di rumah tepi danau tersebut.

Alex dengan senyuman kecil, memutuskan untuk tetap diam di trotoar tanpa melangkah menyebarang jalan untuk menemui Kate.

Disisi lain Kate terjatuh sambil menangis dengan memegang sebuah papan kotak surat yang ada didekatnya, karena ia yakin surat itu sudah terlambat dan Alex sudah menginggal. Kate menangis di dekat kotak surat, berharap Alex baik-baik saja. Sesaat kemudian, sebuah mobil datang nampak dari kejauhan menuju Rumah “Lake House”. Pintu mobil terbuka, dengan senyuman indah Alex datang menemui Kate yang sedang duduk menangis. Lalu mereka saling tersenyum, dan mereka bedua pun berjalan bergandengan tangan menuju Lake House.

Lihat Juga : Sinopsis Film Chak De India

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 19 September 2010, in Perenungan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. sedikit membingungkan.
    Apakah mgkn org bs berbalas surat di 2 thn yg brbeda?

    • Sebenarnya ini kan film fiksi, jadi memang penuh dengan hal-hal yang membingungkan.. 😀
      Tapi film ini memberi inspirasi, bahwa bagaimanapun kalau sudah jodoh itu ndak akan lari kemana..

  2. ceritanya membingungkan…disitu ga dijelasin mengapa mereka bisa berkirim surat di tahun yang berbeda…is there any time machine or something like magic??? I’m so curious and really want to watch it…

    • Mbak Joedie, sebenarnya ini kan hal “magic” dimana keduanya mendapati sebuah kotak surat yang bisa mengirimkan surat keberbeda masa… hehe.. # namanya juga film, tapi menginspirasi..

  3. benar2 membingungkan dan tidak masuk akal

  4. Tidak masuk akal memang tetapi walau bagaimanapun juga ini hanyalah sebuah film…film yang cukup menyentuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: