Serulingmas Banjarnegara, Kebun Binatang di Selamanik

Salah satu koleksi satwa kebun binatang seruling mas

Salah satu koleksi satwa kebun binatang seruling mas

Banyak yang percaya jika mengajarkan anak tentang binatang lebih baik tunjukkan langsung bagaimana bentuk dan sifat binatang tersebut dari pada harus menjelaskan secara detail dengan gambar. Salah satu yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah membawa mereka menikmati kehidupan binatang tersebut di kebun Binatang. Dan hampir setiap kota atau propinsi memiliki kebun binatang sebagai tempat pendidikan anak.

Harimau di Seruling mas Banjarnegara

Harimau di Seruling mas Banjarnegara

Dan untuk di kawasan Banyumas sendiri, petualang bisa menikmati kebun binatang di Selamanik. Sekitar 10 menit dari pusat kota Banjarnegara. Letaknya cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Walaupun kebun binatang Serulingmas ini tidak sebesar yang ada di Gembira Loka Jogjakarta, namun di tempat ini sudah cukup menyuguhkan bagaimana kehidupan binatang, terutama binatang dari ras Asia. Kebun binatang di Selamanik tersebut dinamakan TRMS Seruling Mas atau Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas.  Seruling sendiri adalah kepanjangan dari Seruan Eling Banyumas (menyeru mengingat Banyumas).

Koleksi burung liar Seruling Mas

Koleksi burung liar Seruling Mas

Untuk harga tiket  masuk (2015) dikenakan perorang Rp. 7.500,- (Tujuh Ribu Lima Ratus Rupiah), belum termasuk parkir kendaraan. Beberapa koleksi satwa yang ada di kebun binatang Seluringmas seperti aneka satwa burung baik yang ada di kandang maupun yang dibiarkan terbang bebas di kebun binatang, lalu ada harimau, singa, beruang madu, rusa, monyet dan beberapa satwa menarik lainnya.

Selain beberapa hewan yang banyak, di Serulingmas juga terdapat wahana sederhana untuk anak-anak yang ada di dalam Kebun binatang. Konsep ini mirip dengan kebanyakan kebun binatang seperti Kebun binatang Mangkang Semarang dan Gembira Loka Yogyakarta. Walaupun mungkin wahana bermain di Serulingmas memang perlu banyak penataan sehingga terlihat lebih rapi dan profesional.

Pintu Masuk Seruling Mas

Pintu Masuk Seruling Mas

Tempatnya yang sejuk dan banyak pepohonan menambah enak suasana saat menonton satwa-satwa tersebut. Jadi tidak perlu riskan bagaimana kalau kepanasan saat menjelajah. Salah satu wahana bagus untuk melatih keberanian adalah menaiki unta, berkeliling di traking kandang unta, walaupun traknya tidak berkeling kebun binatang, tapi cukuplah untuk membuat senang anak-anak yang menaikinya..

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 17 Mei 2015, in Perjalanan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: