Belimbing Demak : Cita Rasa Buah Yang Menggoda Lidah

Di Indonesia, sebagian besar masyarakat mengenal buah yang bernama belimbing tersebut. Buahnya manis sedikit asam, berbentuk bintang lima  sudut ketika dipotong. Buah belimbing panjangnya antara 20 cm hingga 50 cm dengan warna yang khas yaitu kuning kehijau-hijauan. Jika waktu muda, buah belimbing berwarna hijau. Ketika di potong, maka buah belimbing tersebut mempunyai biji yang kecil berwarna coklat. Buah ini banyak mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan badan. Namun, tahukan Petualang? Bahwa di Indonesia terdapat sentra buah belimbing. Daerah tersebut berada di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 

Di Demak selain menyimpan sejuta kisah sejarah perhelatan masuknya Islam di Jawa Tengah dengan Masjid Demak, Makam Raja-raja, dan makam Wali ternyata juga menyimpan kuliner berupa buah belimbing yang rasanya manis dan besarnya ekstra jumbo. Ukuran yang lebih besar dari biasanya buah belimbing menambah sempurna Belimbing Demak tersebut. Tak sulit untuk menemukan kios dan toko yang menyediakan belimbing Demak, Petualang bisa datang dan membelinya disepanjang jalan ke arah Kabupaten Demak. Disekitar alun-alun Demak misalnya, disana berjajar para penjual belimbing Demak bersama buah yang khas Demak seperti jambu citra dan Delima serta Blewah.

Atau ingin lebih murah, Petualang bisa menemukan di Pasar Bintoro Demak. Sepanjang jalan Semarang – Mranggen – Purwodadi, Harga yang ditawarkan sangat murah, apalagi Petualang pandai menawar pasti mendapat harga yang sangat murah. Untuk harga 1 (satu) kilogram Buah Belimbing Demak di jual seharga sekitar Rp. 12.000,- ketika tidak musim panen. Ketika musim panen tiba, harga Belimbing Demak bisa sampai Rp. 10.000,- perkilonya. Cukup murah bukan? Untuk perkilonya Petualang bisa mendapatkan 5 hingga 6 buah ukuran sedang, dan ketika harus memilih ukuran ekstra jumbo Petualang bisa mendapat 2 hingga 3 Buah Belimbing Demak.

Nah, jika Petualang berplesiran ke Kabupaten Demak Bintoro propinsi Jawa Tengah, silakan untuk membeli Belimbing Demak yang manis dan kaya vitamin C. Semoga hari Pertualang Menyenangkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: