Menikmati Keindahan Alam dan Seafood Khas di Pantai Mpurancak Jepara

Sunset di pantai empu rancak

Bagi Petualang yang menyukai keindahan alam seperti pantai, tentu tidak melewatkan fenomena manarik yang ditemukan di pantai. Salah satu yang di tunggu-tunggu adalah keindahan sunset. Apalagi kalau sunsetnya langsung menghadap dan jatuh di tengah laut. Bagi yang menyukai keindahannya, sunset selalu menarik jika jatuh di garis horizontal laut. Banyak pantai-pantai di Indonesia yang menghadap ke arah barat, jadi bisa mendapatkan fenomena yang bagus. Nah, dibeberapa pantai di Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah. Banyak yang menghadap ke arah barat, salah satu yang sudah di explore adalah Pantai Bandengan. Walaupun sama garis pantainya, namun ada pantai yang menarik di Jepara, yang menyajikan makanan khas laut yang  nikmat dengan suguhan pemandangan pantai yang indah, pantai ini adalah Pantai Purancak (Mpurancak atau empu rancak).

Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Purancak berjarak sekitar 20 km atau 30 menit dari kota Jepara melewati pertigaan lampu lalu lintas Mlonggo, lalu belok kiri. (Plank jalan menunjukan ke arah Bondo). Jalan menuju pantai Purancak cukup bagus, walaupun ketika masuk ke pantai, sedikit rusak. Bisa dilalui berbagai macam jenis kendaraan kecil, seperti mobil dan bus. Bagian yang menarik lainnya adalah kondisi yang terawat dari Pantai ini. Memang, tidak banyak pengunjung seperti Pantai Bandengan jadi memang kondisinya masih bagus. Pantai ini pun terdiri dari pasir putih disepanjang bibir pantai hingga sekitar 2 meter ke arah laut. Namun, perlu hati-hati ketika berenang, karena setelah 2 meter dari bibir pantai bukan lagi pasir namun adalah karang batu yang keras. Bagi yang belum pernah ke Pantai Mpurancak, memang mengagetkan dan bisa menyebabkan luka lecet.

Warung Pinggir Pantai Di Pantai Empu Rancak

Nah, yang lebih spesial lagi adalah makanan khas berupa makanan laut seperti ikan, cumi dan udang. Makanan laut tersebut dapat dimasak sesuai selera konsumen. Bisa di bakar, di goreng kering, atau asam manis. Beberapa ikan yang tersedia seperti Ikan Ngangas, Badong, Krapu, Kakap Merah dan Dorang. Untuk harga ikan cukup murah, hanya Rp. 60.000,- per kilo untuk semua jenis ikan, Cumi Rp. 70.000,-/ kg, dan udang Rp. 150.000,-/kg. Harga itu sudah termasuk nasi, lalap dan sambal kecap yang nikmat. Sambalnya sangat lezat dan nikmat untuk disandingkan dengan makanan yang enak. Makan di pinggir pantai dengan menikmati makanan khas laut yang delicious.. hmm. Salah satu warung yang banyak di kunjungi misalnya Warung Pandan Sari Wangi ( Ibu Partini – Pak Naryo) no telpon 081 390 863 952. Atau Rumah Makan Mbak Kul Nomor telepon 081 225 274 115. Dan Pandan Wangi Bu Elisa Bintaria no Telepon 081 325 506 105.

View Pantai Mpurancak Jepara

Banyak warung di Pantai Mpurancak, silakan dipilih mana yang sesuai dengan view pantai. Namun kebanyakan orang mampir di warung yang berada langsung dekat dengan ujung jalan. Warung dengan suguhan pemandangan laut dan menikmatinya di bawah pohon. Atau menikmati di bilik-bilik di pinggir pantai langsung. Apapun pilihannnya, semuanya menarik untuk dinikmati. Nah, bagaimana? tertarik datang berkunjung di Pantai kecil Mpurancak Jepara?

Salah satu warung yang banyak di kunjungi misalnya Warung Pandan Sari Wangi ( Ibu Partini – Pak Naryo)

Kepiting Asam Manis pantai empu rancak jepara

Kepiting Asam Manis pantai empu rancak jepara

Cumi Goreng Tepung Pantai empu rancak Jepara.

Cumi Goreng Tepung Pantai empu rancak Jepara.

Ikan Kabar Pantai empu rancak Jepara

Ikan Kabar Pantai empu rancak Jepara

Proses Membakar Ikan di Pantai Empu Rancak Jepara

Proses Membakar Ikan di Pantai Empu Rancak Jepara

…………………………………………………………………………………………………………………….

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 26 September 2012, in Kuliner, Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. gambarnya bgus bgt,,,
    minta ijin copy yg gambar pantainya bwt cover buku publikasi trima kasih,,,

  2. Wiget nih seafood di pantaia Mpurancak ini.

  3. nah trus kalau mau nginep dimana dan harga brp ya per malam nya ? mohon info nya sent to 081931000200 / fb ini java_jazz79@yahoo.com , tlg harga sudah termasuk komisi anda ya ? makasih oh ya utk akhir bulan ini ya..

    • Di Jepara disarankan nginap di Kota Jepara.. Harga Hotel disana mulai 50 ribu ada, yang paling bagus di Hotel Jepara Indah, beberapa kali kesana harga sekitar 300 ribu, atau Hotel Samudera. Banyak kok mas..

  4. Ketika pertama kali ke empurancak melihat pantainya sangat indah n bersih,kemudian saya n kawan2 mkn kuliner di RM Pring Sewu yg sangat lezat,bangunannya pake Gazebo dgn atap welit spt suasana pedesaan disuguhi pemandangan hamparan sawah yg tertata rapi n indah. Itulah pengalaman sy n kwn2 jln2 di pantai empu rancak

  5. Yg kedua kalinya sy bikin acara syukuran dipantai empu rancak kemudian kami tlp RM Pring Sewu dgn nmr 081228391222 ibu handa,memastikan pesanan tmpt n makanannya utk kapasitas krg lbh 100 org.Tiba waktu acr, kami ke RM Pring Sewu. Sambil nunggu hidangan siap saji kami serombangan menikmati musik. Dgn lahap kami serombongan menyantap hidangan masakannya yg lezat,nikmat dan sangat murah. Trmksh

  6. hemmm nyam-nyam… enak banget keknya seafoodnya… retribusi masuk kawasan pantai di punggut berapa ya gan? Salam Wisata

Tinggalkan komentar