Memilih Hotel, Mendapatkan Yang Tepat, Berwisata Tambah Memikat.

Salah Satu Kamar Hotel

Salah Satu Kamar Hotel

Memilih penginapan / hotel ketika berpetualang adalah mudah-mudah susah. Selain banyak penginapan / hotel yang melakukan iklan dan promosi yang menarik, juga harga yang kompetitif antar hotel dan penginapan. Kalau petualang belum pernah berkunjung ke daerah tersebut, pastinya akan mencari dengan bantuan internet. Namun apa yang didapatkan? Website-website hotel yang banyak dengan foto-foto yang menarik, harga sewa kamar yang menawarkan “perang tarif” murah serta berbagai fasilitas yang “super lux” di dalamnya.

Namun informasi itu hanya sekedar foto bukan? Dan petualang benar-benar belum pernah berada disana. Yang terjadi kemudian adalah kebingungan hingga banyak menghabiskan waktu untuk mencari-cari. Apabila salah memilihnya, bisa-bisa yang didapat adalah kekecewaan. Kembali ke persoalan memilih penginapan atau hotel, yang perlu di ingat bahwa kebutuhan setiap orang yang akan menginap berbeda-beda. Nah, tinggal apa saja sih yang dibutuhkan dari penginapan/hotel itu? Hanya menginap saja lebih banyak workout atau memang ingin bersantai di hotel karena sedikit acara diluar.

  • Tentukan Prioritas.

Bagaimana memilih prioritas hotel? Yang dimaksud dengan prioritas adalah memilih tingkat kebutuhan utama yang akan diambil dan meninggalkan kebutuhan yang tidak perlu. Sekarang tinggal menulis / mencari kebutuhan apa saja yang didapat dari menginap. Hanya tidur? Ingin berada di kamar yang super lengkap? Bisa bersantai bersama anak dan keluarga? Atau lainnya. Tentukan seberapa butuh dengan sebuah penginapan. Tentu saja menginap sendirian dan rombongan berbeda kebutuhannya. Jadi pikirkan, untuk apa saja saya menginap.

  • Tarif

Tarif yang ditawarkan pihak hotel akan berbanding lurus dengan fasilitas yang didapatkan nantinya. Fasiltas seperti kondisi kamar dan menu makanan sangat berpengaruh terhadap harga. Nah sekarang lihat kebutuhannya, dalam memilih hotel apakah hanya untuk tidur dan “mengamankan” barang yang dibawa? Atau memang butuh sentuhan kolam renang untuk berolahraga? Spa untuk kebugaran? Perlu kamar yang besar dengan segala kemewahanya? Atau sebuah kamar ukuran sedang dengan fasilitas yang hampir sama untuk setiap kamar?

Hampir semua orang akan mengurutkan daftar harga yang ada di hotel lalu membandingkan dimana tempat yang “pas” untuk dipilih. Mungkin Petualang perlu melihat situs web yang memberikan informasi secara khusus tentang hotel. Sudah banyak situs yang menyediakan. Lalu pilihlah harga yang ada dihotel tersebut sesuai dengan kebutuhan saja. Dengan melakukan daftar hotel sesuai kebutuhan dan tarif akan menghemat ongkos yang dikeluarkan dari biaya hotel, sekaligus bisa memangkas biaya perjalanan.

  • Lokasi

Sementara lokasi juga sangat signifikan terhadap pemilihan hotel. Apabila lebih dekat dengan tempat wisata dan pusat kota maka semakin mahal tarifnya. Begitu pula sebaliknya, semakin jauh dari lokasi tersebut tarif yang ditawarkan semakin lebih murah. Kecuali memang petualang tidak masalah dengan harga. Lokasi juga akan menetukan begaimana perjalanan akan dilakukan, jarak tempuh ke tempat wisata akan semakin lama di perjalanan (boros waktu) sementara petualangan membutuhkan jadwal yang tepat.

Tentukan transportasi apa yang akan dipergunakan? Moda transportasi akan memudahkan menuju ke tempat-tempat wisata. Jadi pilih hotel yang menyediakan atau dekat dengan sarana transportasi umum, taxi, bus atau angkotan. Tentukan juga tempat-tempat yang akan di kunjungi apakah jaraknya mencukupi untuk pergi ke tempat-tempat tersebut lalu kembali dengan tepat.

  • Fasilitas

Fasilitas di dalam hotel berbeda-beda, namun hampir semua hotel/ penginapan menawarkan fasilitas yang menawan. Perlunya Petualang cermat memilih fasilitas, karena ini akan berdampak pada harga yang dikeluarkan. Fasilitas sama halnya dengan apa yang akan didapatkan dari segala kemewahan tersebut. Pilihlah hotel yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan. Kalau petualang lebih banyak berada di tempat wisata, dan hanya membutuhkan untuk tidur, mandi dan menyimpan perlengkapan harian jangan memilih hotel dengan fasilitas spa, kolam renang, sport center, dan restoran yang memadai.

  • Membawa Keluarga.

Dengan membawa keluarga artinya bahwa petualang benar-benar harus menyiapkan pemilihan hotel dengan seksama. Yang dibutuhkan adalah berapa kamar dan besarnya kamar? Kalau hanya membawa anak-anak dengan memilih satu kamar yang lebar dengan “ekstra bed” dirasa cukup bijak. Namun apabila membawa kakek/ nenek, dan anak-anak sudah dewasa, perlu memilih beberapa kamar dengan ukuran yang lebih kecil dengan pembagian kamar yang proposional.

Salah Satu Home Stay di Dieng

Salah Satu Home Stay di Dieng

  • Keragaman dan Kearifan Lokal

Ada banyak hotel dan penginapan yang tidak memiliki web site, namun dapat ditemukan di mesin pencari google. Pada tempat wisata tertentu seperti Dataran Tinggi Dieng, Karimunjawa, dan beberapa tempat lain akan banyak menemukan suasana dari keragaman lokal setempat. Biasanya disebut dengan “home stay”.

Dengan memilih home stay, Petualang juga bisa merasakan keunikan masyarakat lokal yang ada di tempat tersebut. Bisa saling akrab dan menjalin persahabatan, bahkan yang lebih menarik petualang bisa mengembangkan informasi yang ada di tempat wisata yang akan dikunjungi lewat masyarakat lokal tersebut.

  • Malu Bertanya Kecewa Kemudian

Apabila sudah memilih beberapa alternatif hotel dan penginapan, ada baiknya menanyakan dahulu sebelum melakukan booking. Dengan menanyakan beberapa hal yang masih dirasa masih ragu, dapat menjadi penguat untuk memilih hotel atau penginapan tersebut. Bahkan, petualang bisa merubah pilihan apabila dirasa kurang cocok.

Apa saja yang perlu ditanyakan? Selain fasilitas kamar dan harga kamar beberapa hal yang perlu ditanyakan adalah, dimana lokasi hotel, dekat dengan tempat wisata apa?, Apakah ada tempat parkir (mobil/ motor)? Aman tidak?, apakah dekat dengan transportasi umum?  Apalah dekat dengan mesin ATM? Apakah harga sudah termasuk sarapan? Kalau dirasa sudah pas, Petualang bisa langsung melakukan booking.

  • Beli Kucing Dalam Karung

Ibaratnya, memilih / booking kamar hotel seperti pepatah “beli kucing dalam karung”. Petualang benar-benar tidak tau kondisi hotel sesungguhnya, terkecuali pernah datang kesana. Hanya melihat foto dan lembaran penawaran lewat internet, itu sama halnya dengan membeli kucing. Alangkah baiknya, ketika sampai di hotel/ penginapan, petualang lihat kondisi kamar dan fasilitas lain yang ada. Apakah benar-benar sesuai yang ditawarkan.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 4 Mei 2013, in coretan, Ide and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: