Masjid Agung Jawa Tengah : Dari Berbagai Sisi

Dijawa Tengah. lebih tepatnya di kota Semarang telah mempunyai masjid besar (agung) yang bernama Masjid Agung Jawa Tengah. Letaknya hanya sekitar 15 menit dari Simpang Lima Semarang. Dengan lahan sekitar 10 ha, Masjid Agung Jawa Tengah ternyata mampu memukau ribuan jamaah dari berbagai kota diseluruh Indonesia. Dengan gaya arsitektur yang fenomenal perpaduan antara gaya etnik jawa di ukiran jendela, bangunan utama masjid dan bedug ijo. Sementara arsitektur Timur Tengah menghiasi di sisi bagian luar Masjid ditambah payung ekstra raksasa di tempatkan berjumlah 6 buah yang berfungsi untuk meneduhkan jamaah yang sedang melakukan ibadah. Lantai yang terbuat dari marmer (granit) ternyata sangat bagus dan terkesan menjiwai gaya arsitektur yang menajubkan. Marmer ini selain berukuran besar juga mampu nemimbulkan banyangan bentuk Masjid yang elok dan menarik.

Ketika adzan berkumandang, Masjid Agung Jawa Tengah memang tidak penuh dan sesak oleh jamaah seperti ketika sholat Jumat. Termasuk ketika waktu ashar dan maghrib, jamaah tidak terlalu padat, hanya orang-orang yang datang untuk melihat dan bersantai bersama keluarga dan warga sekitarnya. Yang menjadi menarik adalah, bahwa Masjid Agung Jawa Tengah telah menjadi icon wisata baru di Kota Semarang ketika Masjid ini dibuka pertama kali. Fenomena ini mirip dengan Masjid Kubah Emas yang ada di Kota Depok.

Memang, Masjid Agung Jawa Tengah ini sangat menarik untuk berbagai kegiatan dan aktivitas. Disisi sebelah kanan masjid terdapat Hall yang berfungsi untuk berbagai event besar seperti pernikahan, seminar dan lainnya. Urusan parkir, Masjid ini tidak terlalu bermasalah. Dengan parkir dalam yang sangat luas mampu menampung ratusan motor hingga mobil. Belum termasuk parkir luar yang mampu dimasuki oleh bus. Tempat yang paling utama kunjungan para Petualang adalah serambi masjid. Serambi ini sangat luas, dihiasi oleh kolam air mancur dan kaligrafi arab di bagian lisplang sisi terluar masjid. Pilar yang kokoh dan menjulang tinggi merupakan keindahan tersendiri.

Masjid Agung Jawa Tengah termasuk masjid yang lebih modern dari segi usia, sejajar dengan Masjid Baiturahman yang berada di Simpang Lima yang lebih dahulu berdiri. Sementara di Semarang juga ada masjid kuno dibangun ketika jaman wali seperti Masjid Menara Layur, Masjid Sekayu dan Masjid Besar Kauman dekat pasar Johar yang masih dipergunakan hingga sekarang. Ini termasuk nilai plus, dimana banyak masjid baru yang mengah dan eksotis namun masjid kuno (lama) tetap terjaga keberlangsungannya. Terlebih ketika Ramadhan mulai berlangsung, masjid-masjid tersebut mulai banyak Petualang dan aktivitas. Yang sangat ramai dan kental dengan nuansa Ramadhan memang Masjid Besar Kauman. Petualang bisa melihat dan merasakan ketika sore hari menjelang buka puasa.

Selain Masjid dan Serambi, Ada bangunan yang menarik lainnya yaitu menara Masjid. Menara ini di sebut Menara Asma’ul Husna (99 Nama-nama Alloh yang baik), disebut demikian karena ketinggian merana Masjid Agung Jawa Tengah tersebut sekitar 99 meter. Petualang bisa membaca tentang Masjid Agung Jawa Tengah secara lengkap di coretan yang menarik terdahulu atau klik disini.

Nah, beberapa gambar yang cukup menarik untuk di abadikan sebagai apresiasi keindahan dan kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah yang fenomenal dan Religius (klik gambar untuk memperbesar):

Lihat Juga :

  1. Masjid Agung Jawa Tengah (Info Guide)
  2. Kota Lama Semarang : Jelalah Kampung Eropa Malam Hari 
  3. Masjid Agung Jawa Tengah Megah Di Malam Hari.
  4. Menelisik Masjid Kuno Semarang.
  5. Museum Ranggawarsita Jawa Tengah.
  6. Pantai Maron Semarang.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 4 Mei 2011, in Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. urun rembug…masjid kauman panase nemen…yen di tanduri wit2an trembesi ketok’e tambah adem tambah nyaman,iki mung usul mugo2 cepet di respon karo pengurus masjid kauman!

    • Njih sanget, semoga tulisan ini bisa ‘sekedar’ menjadi saran membangun untuk pengurus Masjid Agung Kauman Semarang. Kondisi yang panas di sekitar Kauman memang diperlukan penghijauan yang memadai sehingga para jamaah dan masyarakat yang berada disana bisa merasa sejuk… 🙂

  1. Ping-balik: Keindahan Pesisir di Pantai Maron Semarang | Pesisir Laut

Tinggalkan komentar