Ilmu Bawana..

Ilmu Padi, semakin merunduk semakin berisi. Semakin hati dan fikiran anda berisi maka semakin syukur dan sopan tertunduk dalam kebaikan. Namun ketika anda sombong, sebenarnya hampa tanpa kemampuan.

Ilmu Pisang, Ingin makan kupas dulu kulitnya. Apabila anda ingin mendalami sesuatu, jangan lihat kulit luarnya saja, so anda harus kupas tuntas dengan kesabaran.

Ilmu Ikan lele. Ikan licin di air keruh. Jadilah seperti ikan lele, mampu bertahan di air yang bersih bahkan mampu berjuang di air yang keruh sekalipun. Ketika orang sengaja menyakiti, ikan lele akan mngeluarkan patilnya yang tajam. Anda bisa bertahan dimananpun, keluar dari rutinitas.

Ilmu Burung. Terbang panjang dengan kasih sayang. Bekerja keras dengan kedua sayapnya yang rentang untuk menjadi orang yang berguna bagi yang lainnya. Lihatlah bertapa dengan badannya yang rapuh ia mampu terbang untuk anaknya. Anda berjuang bekerja pagi malam untuk keluarga.

Ilmu Ular. Melata mematikan. Tak berdaya karena tidak punya tangan dan kaki, mungkin ini yang membuat banyak orang jijik melihatnya. Tapi sekali tergganggu maka seketika itu anda bisa kejang-kejang.

Ilmu Durian. Buah kasar lembut di dalam. Bentuknya yang kasar tak membuat dia patah semagat, bahkan menjadikan dia sangat berharga di mata semua orang. Walau anda berwajah pas-pasan, jangan ragu melangkah karena anda berharga bagi semua.

Ilmu ulat. Kecil yang rakus. Hidupnya sejak lahir hingga berubah wujud hanya sebuah kerakusan memakan tanpa pandang bulu, sepertinya nafsu lebih utama. Ketika anda pada posisi ini, betapa orang lain sangat membenci kelakuan yang telah di akibatkan.

Ilmu Panjang, nah sepertinya sudah terlalu panjang. Anda bisa memikirkan ilmu-ilmu yang lain yang bisa anda lihat di sekeliling anda. Kita bisa melakukanya dan berbagi, dengan melihat ilmu-ilmu tersebut, kita akan menjadi mengerti betapa alam menyediakan kebaikan untuk manusia. So, what can you see?

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 10 Januari 2011, in Intisari and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. ilmu bawana (angin), angin tidak pernah meninggalkan jejak….^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: