Semarang Night Carnival, Meriahnya Ulang Tahun Semarang.

Semarang Night Carnival

Semarang Night Carnival

Semarang Night Carnival sebenarnya merupakan perayaan yang dilakukan untuk memeriahkan hari jadi kota Semarang yang jatuh pada tanggal 2 mei, sehingga semarak kemeriahan tersebut di tutup dengan kegiatan carnaval masyarakat. Pada tahun 2013, kota Semarang akan merayakan hari jadi yang ke 466. Sebenarnya banyak sekali rangkaian acara untuk memeriahkan hari jadi kota Semarang, namun SNC (Semarang Night Carnival) menjadi lebih spesial karena memang baru beberapa tahun ini masyarakat Semarang menyaksikan carnaval rakyat yang dilakukan di malam hari.

Pada tahun 2013 rencana SNC akan digelar pada jumat tanggal 3 mei 2013. Tema yang diusung adalah Semarang Semarak Warna, dengan kostum yang beraneka warna akan memeriahkan sesuai dengan tema yang ada. Rute SNC adalah Balai Kota Semarang (Jl. Pemuda) – Tugu Muda – Jl. Pandanaran – Simpang Lima – Jl. Pahlawan. Buat Petualang yang akan menyaksikan carnaval ini, silakan coba beberapa tips melihat carnaval di malam hari, yang mudah-mudahan berguna. 

  • Sedia Payung Sebelum Basah Kuyup.
    Selama memantau Semarang Night Carnival 2 tahun ini, selalu saja mendapati hujan deras menguyur yang terjadi di tengah kemeriahan carnaval. Yang lebih membuat kocar-kacir yang terjadi pada tahun 2012, dimana hujan deras melanda sebelum perseta SNC sampai di garis finish. Namun, justru antusias warga yang sangat tinggi ketika hujan mulai reda, dimana yang menyaksikan meminta foto secara ekslusif pada para peserta yang memakai kostum beraneka warna dengan motif bunga.
    Agar tidak kehujanan, disarankan membawa payung untuk berteduh sementara waktu di tepi jalan. Karena memang, tidak semua gedung yang ada di pinggir jalan dapat “mengizinkan” orang-orang berteduh. Bahkah salah satu Mall home aplication yang ada di Simpang Lima ‘terpaksa’ di tutup pintunya agar warga tidak berteduh di dalam. Walaupun payung tidak banyak berguna, namun setidaknya bisa membuat badan tidak basah kuyup.
  • Bawa Kamera atau Handycam.
    Pada saat ini sudah banyak orang membawa kamera, baik yang di built-in dengan handphone atau memang membeli tersendiri kamera pocket dan DSLR. Sebaiknya mengabadikan momen yang hanya setahun sekali ini dengan kamera atau shooting perjalanan carnaval yang meriah. Berbagai macam pose eksistensi diri, atau sekedar mengabadikan momen untuk stock foto silakan. Memang ada keterbatasan dalam setiap kamera, seperti lampu yang minim sehingga nampak gelap ketika difoto.
    Untuk mengantisipasi ‘foto gelam’ sebaiknya motretlah perayaan carnival dekat dengan lampu kota atau lampu jalanan. Dengan bantuan lampu tersebut, minimal foto nampak lebih ‘profesional’.

    Peserta Semarang Night Carnival

    Peserta Semarang Night Carnival

  • Pilih Tempat Menonton yang Terbaik.
    Ibaratnya, memilih tempat menonton carnaval seperti memilih makanan. Kalau memilih dengan baik dan selektif, akan mendapatkan cita rasa makanan yang super lezat. Sama halnya dengan menonton carnaval, sebaiknya Petualang mencari tempat yang mudah untuk mengakses pemandangan lebih dekat dengan peserta carnaval. Rute SNC adalah Balai Kota Semarang (Jl. Pemuda) – Tugu Muda – Jl. Pandanaran – Simpang Lima – Jl. Pahlawan. Tempat-tempat strategis banyak disetiap sudut rute tersebut, petualang bisa memilih dimana akan menyaksikan karnaval tersebut.
    Karena tidak dilakukan siang atau sore hari, jadi lebih leluasa untuk mendapatkan tempat duduk. Karena dimanapun berada, tidak akan kepanasan. Untuk pencari foto sebaiknya memang di sekitaran Tugu Muda atau Lawang Sewu, karena akan mendapatkan background yang menarik. Untuk memilih tempat terbaik, sebaiknya datang lebih awal.

    Kostum Semarang Night Carnival

    Kostum Semarang Night Carnival

  • Amankan Kendaraan.
    Hampir semua yang datang melihat carnaval akan menggunakan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi ke rute carnival. Baik dengan menggunakan motor atau mobil, bahkan ada yang pakai ‘pick-up’. Mengamankan kendaraan yang dibawa wajib dilakukan, apalagi petualang berada di tempat keramaian. Pencurian dan kehilangan mungkin saja dapat terjadi kalau tidak hati-hati. Seperti helm motor yang mudah untuk di bawa kabur pencuri.
    Saran, untuk mengamankan kendaraan sebaiknya parkir di tempat yang telah ”disediakan” oleh beberapa titik-titik parkir yang ada di sepanjang rute SNC. Lebih baik parkir lalu berjalan sebentar ke rute SNC cari pada menyesal kehilangan kendaraan dan perlengkapannya.
  • Awasi Keluarga.
    Membawa sekeluarga menyaksikan carnaval memang sangat menyenangkan, terlebih anak-anak. Disaat menunggu biasanya anak-anak cenderung bebas bermain dan berlari, jadi para orang tua perlu memperhatika dimana putra-putri tercintanya berada. Jangan sampai sibuk mencari ‘kehilangan’ anak sementara carnaval sudah berlangsung.Yang paling rawan adalah saat berlangsungnya carnaval, kebanyakan orang akan lebih berkonsentrasi melihat peserta carnaval dibandingkan yang lain. Nah, amankan anak-anak pada barisan depan atau samping. Jangan sampai kehilangan disebabkan sesak dan berjumbelnya ratusan orang dalam satu tempat.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 23 April 2013, in coretan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: