Sakit Gigi

Sakit GigiPernahkan kita merasakan sakit gigi yang berkepanjangan? Lalu berasa ngilu di bagian paling belakang gigi? Dan terasa pipi seperti membengkak sehingga sulit untuk makan? Kalau iya, saya boleh mengatakan, selamat sebenarnya anda sedang memasuki masa pertumbuhan gigi, hehe.. Gigi itu disebut sebagai gigi bungsu (terakhir tumbuh). Coba kita bisa belajar tentang gigi bungsu langsung dari dokter,pasti lebih menarik dan berguna. Tapi saya ada sedikit infonya. Secara normal, manusia memiliki 32 gigi yang tumbuh secara bersamaan. Yang terbagi atas 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 20 gigi geraham begitu menurut literatur buku pelajaran sekolah. Gigi bungsu merupakan jajaran kelompok gigi geraham yang terletak di bagian ujung belakang rongga mulut yang berjumlah 2 pada bagian bawah dan 2 pada bagian atas gigi.

Biasanya gigi akan berhenti tumbuh setelah berumur 20 tahun dan kalau patah tidak bisa tumbuh lagi. Nah,pada gigi bungsu yang kita punya ternyata berbeda. Loh, kenapa berbeda? Sama seperti manusia, anak bungsu biasa di manja.. hehe. Gigi bungsu yang dimiliki manusia tidak akan berhenti tumbuh pada umur 20 tahun, namun akan tetap tumbuh dan berhenti hingga umur 35 tahun. Waktu yang lama untuk sesuatu yang bungsu.

Pada ukuran rongga mulut ras tertentu, misalnya ras melayu ukuran rongga mulut bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan rangka gigi yang ada. Sehingga bisa menyebabkan pertumbuhan gigi yang tidak normal pada bagian belakang gigi. Kenapa tidak normal? Penyebabnya karena, pertama, gigi tumbuh tidak lurus ke atas atau kebawah secara simetris namun miring ke samping. Kedua, Rongga mulut terlalu sempit untuk menampung besarnya gigi yang tumbuh. Kedua hal tersebut menyebabkan luka ‘robek‘ pada kulit mulut mulut bagian dalam. Biasanya, luka tersebut disebabkan oleh gigi bungsu bagian bawah baik kanan atau kiri.

Pertanyaannya kenapa dengan ras melayu (Indonesia,Malaysia, Thailand, Brunai, dll)? Karena pada dasarnya rongga mulut ras melayu memang dirancang memiliki rongga mulut yang sempit dibanding dengan ukuran gigi yang ada. Berneda dengan ras Australoid (Papua, Maluku, dll) memiliki rongga mulut yang lebih lebar dibanding dengan besarnya ukuran gigi. Sehingga ras Australoid lebih mampu untuk bertahan terhadap pertumbuhan gigi bungsu.

Kenapa tidak sakit pada bagian atas? Secara struktur bentuk gigi manusia, kalau di lihat dari samping maka akan terlihat struktur gigi bagian bawah berbentuk seperti huruf L mendatar. Dan bergerak dari atas kebawah dan keatas ketika mengunyah. Sedangkan struktur gigi bagian atas menempel dengan tulang tengkorak, yang membuat gigi bagian atas sama sekali tidak bergerak ketika mengunyah misalnya. Ini yang membuat struktur gigi bagian atas mampu bertahan dengan volume rongga mulut yang kecil, karena pertumbuhannya lebih stabil. Sementara bagian bawah lebih banyak bergerak dan menyebabkan pertumbuhan yang tidak normal. Pertumbuhan yang tidak normal ini bisa menyebabkan gigi bungsu merobek kulit mulut bagian dalam tanpa sengaja.

Tumbuhnya saja udah terasa sakit. Apalagi kalau rasa sakit tersebut diakibatkan oleh kesalahan waktu menguyah makanan, pasti tambah sakit. Pertumbuhan ini memang akibat dari siklus tahunan tumbuhnya gigi bungsu hingga umur 35 tahun dan bisa karena kondisi badan yang kurang sehat menyebabkan penyembuhan luka robek yang lama (apabila robek). Kenyataannya, gigi bungsu adalah gigi yang tumbuh terakhir hingga umur 35 tahun dan sama sekali tidak mempunyai kegunaan dalam menguyah (sangat sedikit). Ketika ada gigi geraham kita yang patah, gigi bungsu menjadi tidak berguna.

Kesimpulannya, Kita akan terus merasakan sakit hingga umur 35 tahun entah karena siklus tahunan tumbuh atau karena salah menguyah. Namun jangan panik, banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. Allah Yang Maha Besar menciptakan kulit mulut bagian dalam dengan struktur yang paling sempurna dari semua kulit di tubuh. Ketika kulit luar mengalami robek, maka dengan itu pula akan ada bekas luka dan lama untuk kembali normal. Namun berbeda dengan kulit mulut bagian dalam, ia akan cepat kembali ke bentuk semula dan mudah sembuh ketika terjadi robek/luka.

Ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk menghindari sakit gigi akibat tumbuhnya gigi bungsu :

  1. Obat sementara, berikan koyo hot (yang paling panas) pada bagian luar pipi yang terasa membengkak baik kanan maupun kiri. Lalu oleskan salep panas (merk salonpas/counterpain) di sekitar pipi yang bengkak. Beberapa saat gigi rasa sakit akan berkurang. Lakukan lagi hingga terasa lebih baik. Namun ini hanya sementara.
  2. Periksa ke Dokter, Yang agak mudah adalah periksa ke dokter gigi. Lalu jelaskan kondisinya dan minta pereda sakit gigi, bilang saja obat terapi untuk sakit gigi bungsu.
  3. Cabut Gigi geraham, karena gigi bungsu tumbuh tidak normal, otomatis akan mendesak gigi yang lain. Yang paling dekat adalah gigi geraham yang berada di sebelahnya. Pencabutan gigi geraham akan membuat gigi bungsu mudah untuk bergerak dan tidak akan terasa sakit.Namun,perlu untuk di ingat bahwa gigi geraham lebih banyak fungsinya dari pada gigi bungsu.
  4. Operasi cabut gigi bungsu,inilah cara yang efektif dan paling bertahan lama bahkan sama sekali kita tak akan merasakan sakit lagi. Apabila semua gigi bisa di cabut di dokter gigi pada umumnya, maka khusus gigi bungsu harus dilakukan operasi oleh dokter spesialis gigi. Sakit memang, namun kita tidak akan merasakan sakit lagi. Biaya sekitar 1 jutaan/ gigi.

Singkatnya, gigi bungsu sama sekali tidak mempunyai fungsi namun sering kali membuat masalah dengan rasa sakit. Bukan salah anda ketika gigi bungsu tumbuh miring dan mengoyak kulit. Dan bersyukurlah bila anda memiliki gigi bungsu yang tumbuh secara nomal.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 12 Januari 2013, in Ide and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: