Jateng Fair : Ayo Wisata di Jawa Tengah !

Jateng Fair merupakan pesta rakyat yang dimeriahkan melalui beberapa kegiatan yang sangat menarik yang dipusatkan di ibu kota Jawa Tengah (Kota Semarang). Salah satu yang menjadi andalan adalah pemeran keragaman budaya, komoditas ekonomi, potensi rekreasi dan berbagai macam keunikan pada tiap kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Selain memamerkan keunikan setiap daerah juga menyajikan berbagai kegiatan-kegiatan yang berasal dari dinas-dinas birokrasi yang ada di Jawa Tengah. Banyak pula masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam Jateng Fair misalnya menjual produk andalan masing-masing seperti kerajinan handycraft, aneka makanan, dan banyak macam yang lain. Tak hanya itu, di Jateng Fair juga banyak permainan fantasi dan hiburan musik. Di 2012,  Jateng Fair mempunyai tema : Ayo Wisata di Jawa Tengah !

Setiap daerah baik kabupaten atau kota yang ada di Jawa Tengah pastilah mempunyai keragaman dan keunikan tersendiri, nah di setiap pergelaran Jateng Fair setiap daerah berlomba-lomba untuk menyajikan yang terbaik keanekaragaman tersebut dengan berbagai macam cara. Misalnya potensi ekonomi berupa batik, di Jateng Fair memamerkan hasil batik yang dipunyai atau langsung belajar membatik di stan-stan daerah. Apabila potensi berupa makanan, maka setiap stan daerah menjual semua produk andalan baik makanan ringan hingga minuman khas daerah. Potensi makananan tiap daerah berbeda-beda misalnya di Kabupetan Megelan ada gethuk Trio, Kabupaten Cilacap ada sale, Banyumas ada gethuk goreng. Sementara di Kabupaten Wonosobo ada minuman khas berupa cahrica dan purwoceng.

Di Kabupaten Purworejo terdapat minuman baru yang sangat unik adalah dawet ganyong, pada Jateng Fair 2011 stan dawet ini sangat banyak pengunjung hingga penjual kewalahan. Potensi wisata tiap daerah juga disajikan menarik dalam berbagai cara, ada dalam bentuk plamfet, video dan foto wisata. Dengan Jateng Fair, memang diharapkan pengunjung dapat belajar mengetahui potensi dan keanekaragaman budaya dan ekonomi tiap daerah. Kelaparan di Jateng Fair? Jangan sampailah, karena di Jateng Fair menyajikan berbagai makanan yang sangat banyak, berjajar dari ujung hingga sudut-sudut gedung pameran. Mau makanan  ringgan hingga berat, dari minuman bersoda hingga air mineral.

Untuk anak-anak juga disediakan berbagai wahana permainan yang menarik, seperti komedi putar, biang lala, bermain balon di air, boom boom car, dan lain-lain. Untuk level remaja, ada berkayuh sampan, boom boom car, hingga flying fox. Belum tau berapa harga tiket Jateng Fair 2012, namun pastilah terjangkau sekitar Rp.6000,- s.d Rp. 7.000,- (Jateng Fair 2011). Seperti biasanya, Jateng Fair 2012 dilaksanakan di PRPP (Pekan Raya Promosi Pembangunan) di Jalan Anjasmoro, berdekatan dengan pantai Marina Semarang. Tanggal pelaksanaan Jateng Fair 2012 pada tanggal 29 Juni s.d 8 Juli 2012 dimulai pukul 16:00 s.d 22:00 pada hari senin hingga sabtu.  Untuk hari minggu dimulai pukul 10:00 s.d 22:00.

Tahun 2012, Jateng Fair bertemakan “Bangga Jawa Tengahku”, nah untuk Jateng Fair 2012 akan bertemakan “Ayo Wisata di Jawa Tengah!”. Untuk para Petualang, tema ini cocok untuk lebih mengenal potensi wisata dan panorama alam yang indah di sepanjang Jawa Tengah. Tak sabar menunggu…

#Gambar Merupakan Kegiatan Jateng Fair 2011.

 Stan Kabupaten Wonogiri

 

Stan Kabupaten Banjarnegara

Stan Kabupaten Grobogan

Stan Kabupaten Semarang

Stan Kabupaten Surakarta

 

 Stan Kabupaten Temanggung

……………………………………………………………………………

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 26 April 2012, in Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Ada stan alat2 pandakian gunung ngak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: