Berpetualang Menyusuri Tempat-Tempat Menarik Di Sepanjang Jawa Tengah.

Sewaktu menikmati keindahan Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara dan Wonosobo, tanpa sengaja menemukan peta tempat wisata di sepanjang  Jawa Tengah yang tertempel sekian lama di sebuah penginapan (home stay) Dieng Pass. Cukup menarik memang, karena hampir seluruh tempat wisata yang menjadi andalan setiap kabupaten di Jawa Tengah ada. Walaupun tidak mewakili semua tempat wisata yang menarik secara keseluruhan, namun peta wisata tersebut sangat dibutuhkan oleh para Petualang. Positifnya lagi, ketika kemudian di barengi dengan googling tempat yang menarik lainnya sehingga menambah daftar tujuan wisata. Sebenarnya bisa juga ketika semua tempat wisata di Jawa Tengah dibuat dalam 1 (satu) buku oleh Dinas Pariwisata Jawa Tengah dibukukan secara lengkap dengan isi materi dan informasi yang lengkap tentang tempat-tempat tersebut.

Termasuk bagaimana cara menuju kesana, harga tiketnya, ada apa yang menjadi unggulan di setiap kabupaten, kuliner-kuliner khas setiap kabupaten juga perlu disajikan informasinya agar Petualang mudah mencari dan menikmati sajian khas desa. Bersyukur coretan petualang sudah menulis tempat yang menarik di sebagian kecil tempat wisata di Jawa Tengah, memang perlu explore lebih jauh dan banyak menjelajah keindahan Jawa Tengah. Beberapa tempat di kota Semarang sudah sebagian besar sudah dicoretkan seperti pantai Maron, Pantai Marina, Museum Ronggowarsito, Kota Lama Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu dan Tugu Muda, Pasar Johar, Masjid Lama Semarang, Klenteng Laksamana Muslim Cheng Ho dan masih banyak yang lainnya. Sementara untuk Kabupaten Semarang seperti Candi Gedong Songo dan Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Kendal misalnya Pantai Ngebum Mororejo, Kebun Teh Medini dan Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo. Untuk Wilayah Surakara baru 1 (satu) tempat yaitu Keraton Surakarta.

Untuk kabupaten Magelang masih 1 (satu) tempat yaitu Ketep Pass ditambah bonus informasi sederhana makanan khas Getuk trio. Surakarta hanya Keraton Surakarta semuga bisa menyusul tempat-tempat yang lainnya. Untuk Kabupaten Klaten baru 2 (dua) tempat yaitu Museum Gula Jawa Tengah dan Candi Kembar Plaosan. Kabupaten Wonosobo ada nilai tambahan yaitu jajanan khas desa bernama mie Ongklok yang spesial, sementara tetangga sebelah kabupaten Banjanegara sudah ada informasi tentang Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau) yang ditulis menjadi 3 (tiga) bagian (trilogi) yaitu : Alam Dieng, Candi dan Budaya Dieng, dan Masyarakat Dieng.

Merambah ke propinsi lain yaitu Jogjakarta beberapa sudah dituliskan seperti Keraton Jogjakarta, Istana Ratu Boko, Candi Sambisari dan Kebun Binatang Gembiro loka. Menyusul nanti tempat yang menarik seperti Istana Air Tamansari dan Sumur Bawah Tanah Gemuling. Sementara desa wisata Jawa Tengah juga dicoretkan ada 6 (enam) desa wisata yang menjadi andalan Jawa Tengah tahun 2010, yang dirangkup dari berbagai sumber media. Walaupun tidak lengkap, minimal dapat memperkenalkan tentang desa wisata yang ada di Jawa Tengah. Di Kabupaten Pekalongan baru tentang makanan khas yaitu Sego Megono.

Merambah dikota-kota lain di Jawa Tengah, memasuki Kabupaten yang mempunyai motto “Kota Wali”, yang tak lain adalah Kabupaten Demak. Secara khusus, menulis tentang Masjid Agung Demak yang merupakan icon Kabupaten Tersebut. Serta menorehkan secuil coretan tentang kuliner khas Demak yaitu Belimbing Demak. Perkembangan petualangan terbaru (Maret 2012) sampai pada sebuah Kabupaten yang menarik di Jawa Tengah yang sangat terkena karena obyek wisata alamnyal yang bernama Baturaden. Namun, setelah sampai di Baturaden, menemukan wisata yang lebih menarik daripada wisata hiburan Baturaden, Yaitu Pancuran Pitu Baturaden.

Setelah lama berkutik di joglosemar, saatnya pindah ke kabupaten lain yaitu Jepara. Cukup banyak tempat di Kabupaten ini, yaa karena keterbatasan waktu sehingga perlu selektif ketika menjelajah dan berpetualang. Kebanyakan di kabupaten Jepara adalah wisata pantai, misalnya Pantai Bandengan, Pantai Bondo, dan Pantai Mpurancak. Ditambah bonus Benteng Portugis.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah : Dari Berbagai Sisi. 
  2. Explore Museum Kereta Api Ambarawa. 
  3. Keraton Surakarta : Perpaduan Kemegahan Eropa dan Keunikan Jawa.
  4. Keraton Yogyakarta : Istana Budaya dan Keindahan Jawa.
  5. Lawang Sewu yang Unik dan Artistik.
  6. From Dieng Plateau With Love Season 2 : Budaya dan Candi Dieng
  7. Melihat Merapi dari Ketep Pass.
  8. Istana Ratu Boko : Candi Megah Di Atas Bukit
  9. Kebun Binatang Gembira Loka : Petualangan Unik dan Menarik.
  10. Candi Kembar Plaosan.
  11. Musuem Gula Jawa Tengah.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 28 Oktober 2011, in Perjalanan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: