Indonesia in 10 Amazing Destinations ( Part One )

Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda.

Ketika anda berpergian ke luar pulau yang sedang di huni saat ini, setidaknya ada 10 tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Simak ya.

1. Jakarta.
Lebih dikenal sebagai ibukota Indonesia, Jakarta juga merupakan pusat dari pemerintahan, pusat bisnis, konferensi dan hiburan. Indonesia dengan segala kebudayaannya yang sangat komplek dapat di temukan di Jakarta, dengan berkunjung ke berbagai museum yang ada di Jakarta seperti museum Fatahillah dan Monas. Pantainya yang sangat bagus, bisa menjadi koleksi hiburan tersendiri. Aneka ragam hiburan permainan hadir di berbagai tempat. Butuh tempat pertemuan, banyak mall yang menyediakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Bila beruntung, bisa menemukan kebudayaan khas Jakarta yaitu Ondel-ondel dan Ronggeng Betawi.

2. Banten
Banten adalah provinsi di Indonesia yang ke tigapuluh yang di deklarasikan pada tanggal 18 Nopember 2000. Ketika Gunung Krakatau meletus tahun 1883 yang membuat Pulau Sumatera dan Jawa terpisah menjadikan Banten lebih terkenal. Ledakan itu menghasilkan gelombang suara-getar dan stunami hingga ke benua lain, seperti Australia bagian barat dan Eropa. Dan Karakatau masih aktif hingga sekarang. Secara umum, Penduduk lebih banyak orang muslim dan itu yang mempengaruhi kebudayaan yang berada di Banten seperti Masjid Agung Banten yang unik dengan menaranya yang gemuk yang menjadi simbol Provinsi Banten, dibangun sekitar abad ke 16. Bila ingin ke pantai, bisa menuju Pantai Anyer yang sejuk dan berjalan melihat keindahan satwa badak bercula satu. Bila menyukai kebudayaan eksotik, Banten masih menyimpan tempat itu, yaitu suku Badui.


3.Jogjakarta
Jogjakarta dengan keindahan pemandangan yang tertiup angin yang sejuk di Pantai Selatan dan sketsa Gunung aktif Merapi yang megah menjadi dayatarik tersendiri. Gunung Merapi merupakan pusat budaya dari tanah jawa, dimana suku dan perkembangan adat pertama terlahir dari tempat tersebut. Istana Jogjakarta atau Keraton Jogjakarta yang menarik bisa menjadi tempat singgah budaya, di bangun oleh Raja Mangkubumi sekarang menjadi tempat tinggal Sultan (Gubernur) dan istrinya. Berkunjung ke Jogjakarta tidak puas jika tidak berkunjung ke Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, yang merupakan Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara dan terdapat legenda yang terkenal yaitu Roro Jonggrang. Bangunan utama setinggi 45meter, terdapat 8 candi suci, lebih dari 200 candi kecil dan 20 relief yang mengisahkan tentang cerita Ramayana. Ketika Bulan Purnama, pengunjung dapat menikmati wayang orang bertemakan Ramayana di sebelah barat Candi Prambanan. Bila ingin membawa bermacam buah tangan, Jalan Malioboro menjadi tempat yang pas untuk berbelanja.

4. Jawa Timur
Jawa Timur, termasuk Pulau Madura, adalah provinsi yang terkenal dengan obyek wisata gua, pegunungan yang menjadi icon provinsi ini, Gunung Bromo. Selain Gunung Bromo, bisa berkunjung ke tempat lainnya seperti Taman Nasional (Taman Safari), wisata budaya desa Tengger, petualangan kelautan, Wisata kebudayaan internasional seperti Kerapan Sapi (Bull Race) Upacara Kasada dan Reog Ponorogo. Selain Kerapan Sapi, Pulau Madura juga menyimpan sejuta tempat yang indah lainnya seperti pantai yang indah dan batik tulis khas Madura. Untuk berkunjung ke Madura, bisa dengan kapal Ferry atau dengan berkendara melewati jembatan Suramadu (Surabaya-Madura).

5. Lampung
Propinsi Lampung terletak di ujung selatang Pulau Sumatera yang bersebelahan langsung dengan Pulau Jawa. Posisi yang dekat dengan Pulau Jawa (Sunda) yang hanya berjarak sekitar 30 kilometer, dapat dilalui menggunakan transportasi laut maupun darat (bus). Penduduk lampung asli secara umum terbagi menjadi tiga yaitu Orang Abung, Orang Pubian, dan Peminggir yang hidup bersahaja bersama dalam rumah adat yang disebut Kampung Ulok Gading. Rumah ini merupakan pusat arsitektur dari semua rumah adat Peminggir. Beragam Budaya Lampung hadir dengan sejuta keindahan seperti tarian tradisional pada perayaan tertentu, upacara adat dan kerajinan tangan (tenun) yang bisa didapatkan setiap sudut Provinsi Lampung. Belum ingin meninggalkan Lampung, pengunjung bisa mengunjungi Menara Singer yang megah, atau berlari kecil dengan santai di Teluk Kalian dan Tanjung Setia. Bila masih menginginkan sebuah keindahan alam lain, bisa berkunjung di sekitar Gunung Krakatau. Untuk melengkapi jalan-jalan, bisa meluncur ke pusat margasatwa, Way Kambas.

Lihat Juga : Indonesia Amazing 2

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 10 Juli 2010, in Perjalanan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: