Must See Places in Semarang

Semarang, sebuah kota kecil di pesisir laut jawa di bagian utara, merupakan bagian dari provinsi Jawa Tengah. Semarang berbatasan dengan Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat. Untuk menuju kota ini, anda bisa menggunakan sarana transportasi mulai udara (bandara A. yani), Laut ( Pelabuhan Tanjung Emas), dan Darat (Terminal Terboyo).

Ketika datang ke Semarang, banyak tempat yang bisa dikunjungi yang banyak tersedia di kota semarang.
1. Masjid Agung Jawa Tengah.
Lokasinya berada di jalan gajah raya. masjid ini merupakan masjid terbesar di provinsi jawa tengah dengan luas sekitar 10ha. Sebuah kombinasi arsitektur dengan gaya eropa dan asia. Menara Asmaul Husna di bangun dengan ketinggian sekitar 99 meter dan dari atas menara bisa melihat seluruh keindahan kota semarang dengan baik.

Masjid Agung Jawa Tengah Malam hari

Masjid Agung Jawa Tengah Habis Hujan.

Masjid Agung Jawa Tengah – Info Guide

2. Tugu Muda.
Sebuah tugu yang mirip lilin yang menyala terutama di malam hari. Letaknya berada dalam bundaran antara Jl Sutomo, Jl. Pandanaran, Jl. Imam Bonjol dan Jl. Soegriyopranoto. Tugu ini di bangun untuk memperingati sebuah pertempuran besar ‘Pertempuran Lima Hari” di kota semarang yang terjadi pada tanggal 14-19 oktober 1945. Lataknya yang sangat strategis membuat Tugu Muda mudah terjangkau.

Tugu Muda Semarang di Malam hari.

3. Lawang Sewu.
Lawang Sewu dalam bahasa indonesia berarti Seribu Pintu, hal itu dikarenkan banyaknya pintu dan jendela yang mengintari seluruh bangunan ini. Lokasinya tepat disebelah Tugu Muda. Bangunan ini dibangun dengan gaya Eropa yang pada awal dipergunakan untuk setasiun kereta api atau lebih dikenal dengan nama ” Nederland’s Indische Spoorweg Maschaappij“. Lawang sewu selain untuk wisata, juga sering dipakai untuk pembuatan film salah satunya adalah Ayat-Ayat Cinta.

Lawang Sewu Semarang Saat Senja

Tugu Muda Semarang Siang

4. Kuil Sam Po Kong
Letaknya di jalan Simongan no. 29 kota Semarang. Sam Po Kong adalah sebuah kuil yang besar untuk mengenang laksamana Cheng Ho, seorang muslim, yang singah ke Semarang sekitar abad ke 15. Untuk masuk ke kuil Sam Po Kong dikenakan biaya 3.000,- untuk pengunjung lokal, 10.000 untuk luar kota dan 30.000 untuk wisatawan luar negeri.

Klenteng Sam Po Kong Laksamana Muslim Cheng Ho

Patung Laksamana Muslim Cheng Ho

5. Simpang Lima.
Simpang Lima merupakan sebuah pusat ekonomi dan budaya dari semua aktivitas kota kecil ini. Lokasinya yang menarik banyak digunakan orang untuk berbelanja, makan bersama kolega atau keluarga. Disekitarnya banyak toko, restoran, masjid, bioskop dan supermarket. Pada malam minggu, akan lebih ramai berbeda dengan biasanya, anda bisa menikmati makanan ‘ndeso’ Kota Semarang seperti bubur ayam, pecel, gudeg, lontong sayur dan lain sebagainya yang menggoda lidah.

6. Museum Ranggawarsito
Lokasinye berada di Jl. Abdurrahman Saleh. Museum ini berisikan tentang kebudayaan, sejarah, dan alam di indonesia yang dimulai sejak jaman prasejarah, kerajaan hindu-budha, era islam di indonesia sampai penjajahan oleh kolonial. Di Museum ini terdapat banyak miniatur, perpustakaan hingga audio visual film dokumenter. Museum dibuka mulai pukul 08am sampai 03pm dengan biaya masuk 1.000 bagi siswa, 2.000,- orang dewasa dan 3.000,- pengunjung luar negeri.

Kereta Kuda Arjuna di Museum Ranggawarsita Semarang.

Pintu Masuk Museum Ranggawarsita

7. Semarang Kota Lama.
Sering disebut Kota Lama, yang merupakan bangunan bekas kolonial Belanda. Jaman dulu di era kolonial, Kota Lama merupakan sebuah pusat bisnis dan pemerintahan di Jawa Tengah. Dekatnya dengan laut dan jalan darat membuat Kota Lama dianggap strategis oleh Kolonial untuk berdagang dan berperang. Sampai sekarang, Kota Lama masih berdiri dengan kokoh bangunan dengan arsitektur yang luar biasa unuknya bergaya Eropa.

Semarang Kota Lama Malam Hari.

Masjid-Masjid Tua Kota Semarang.

Kali Mberok (berok) Pasar Johar Semarang.

8. Guo Kreo
Sebuah Guo dengan pelajaran sejarah di dalamnya. Berada di sebuah desa Kandri di atas bukit yang tak jauh dari kota Semarang. Selain gua, ada pemandangan air terjun yang sangat sejuk dan sketsa pematang persawahan yang luas. hadir pula hewan liar yang membuat pengunjung takut sampai berfoto ria, yaitu banyaknya kera-kera kecil yang berada di sekitar area Gua.

9. Kuliner Jl Pandanaran
Bandeng Duri Lunak, Wingko Babat, Lumpia dan beberapa kuliner khas Semarang hadir disini. Letaknya tak jauh dari Tugu Muda dan Simpang Lima sehingga mudah untuk di singgahi orang. Letaknya di sepanjang Jl. Pandanaran, toko penyedia kuliner khas Semarang ini buka dari jam 8am sampai jam 9pm.

10. Pantai Maron
Pantai ini letaknya di ujung utara kota Semarang yang berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani. Beberapa wisatawan lokal sering berkunjung ke Maron untuk menikmati keindahan deburan ombak yang indah. Karena laut di Maron tidak curam, maka banyak orang bebas berenang dengan santai. Bila beruntung, pengunjung dapat menikmati matahari terbenam di laut sebelah barat.

Pantai Maron Semarang senja dari ujung pantai

Pantai Maron Biru langit

11. Kebun Binatang (BonBin) Mangkang
Letaknya berada di ujung barat kota Semarang, persis berbatasan dengan Kabupaten Kendal. BonBin ini dulunya berada di sebuah bukit Tinjomoyo, karena letaknya yang sangat jauh dan tidak terawat akhirnya BonBin ini dipindahkan ke Mangkang.  BonBin Mangkang sangat luas, beberapa hewan ditambahkan untuk melengkapi jenis hewanya. Ada Rumah Ular, dimana ular-ular yang besar di biarkan malata di tanah dan pohon, pengunjung dapat masuk dengan keberanian tersendiri. Ada Rumah burung yang sangat besar berukuran setengah bola raksasa, dimana bermacam burung berada dalam satu kandang.

12. Wonderia

Sebuah obyek wisata dengan berbagai macam mainan tersedia didalamnya. Berada di jalan Sriwijaya, letaknya mudah di jangkau oleh umum.  Dengan tiket terusan, pengunjung dapat menikmati semua wahana permainan yang disediakan oleh Wonderia. Mulai dari permainan yang menguju nyali hingga santai bersama anak-anak.

13. Taman Budaya Raden Saleh (TBRS)
Letaknya persis bersebelahan dengan Wonderia, di jl. Sriwijaya.  Biasanya TBRS lebih menarik setiap malam minggu, dengan di adakan pentas wayang orang yang di iringi dengan tabuhan gamelan yang sangat indah. Pengunjung dapat tertawa lebar atau antusias mendengarkan cerita-cerita khas ramayana dan mahabarata.

14. Museum Mandala Bakti
Merupakan museum perjuangan yang menyimpan berbagai koleksi tentang data, sejarah dan dokumentasi dan senjata – senjata baik tradisional maupun modern, serta peralatan yang digunakan dalam perang saat mempertahankan kemerdekaan. Museum ini terletak di jalan Soegiyopranoto no. 1 dekat dengan Tugu Muda dan Lawang Sewu. Dibuka selasa sampai kamis jam 08.00 sampai jam 18.00, jumat jam 08.00 sampai jam 10.30, Minggu jam 08.00 sampai jam 12.00.

15. Pantai Marina Semarang.

Walau berbeda dengan pantai pasir pada umumnya, Pantai Marina juga menyimpan keindahan tersendiri. Keindahan yang tiada duanya di kota Wingko Babat Semarang. Pantai Marina sebenarnya merupakan hasil reklamiasi (pengurukan) pantai di kawasan kota Semarang, yang dahulunya merupakan kawasan tambak dan hutan bakau. Kemudian beralih menjadi perumahan, kawasan pertokoan dan perkantoran. Sementara sisa bagian sebelah ujung pantai utara dibuat sedemikian rupa dibuat pembatas pantai yang nyaman untuk duduk-duduk dan bersantai.

Berdua Duduk Di Pantai Marina Saat Senja.

Nah, anda tertarik berkunjung ke Semarang.  Jangan lupa untuk melihat dan bersantai ria di wisata Kota Semarang. Chek beberapa tempat yang menarik di Kota Semarang:

  1. Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.
  2. Lebih Dekat Dengan Semarang: Catatan Sejarah.
  3. Kota Lama Semarang : Jelalah Kampung Eropa Malam Hari 
  4. Sejarah Semarang di Kali Mberok.
  5. Masjid Agung Jawa Tengah Megah Di Malam Hari.
  6. Masjid Agung Jawa Tengah : Dari Berbagai Sisi. 
  7. Masjid Agung Jawa Tengah (info guide).
  8. Menelisik Masjid Kuno Semarang.
  9. Pantai Maron Semarang.
  10. Pantai Marina Semarang.
  11. Sisi Lain Kota Semarang.
  12. Berburu Pernak-Pernik Di Pasar Johar Semarang.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 7 Juli 2010, in Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Wah, kalau ada gambarnya pasti lebih menarik

    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com/

  2. haaaaa ? semarang kota kecil ? gak salah tuh mas ? Semarang termasuk dalam 10 besar kota di Indonesia dan menduduki peringkat no 6. Gitu kok dibilang kota kecil

    • Kalau menurut kemajuan kota ya termasuk kota besar, namun tulisan saya mengacu pada besar kecilnya luas geografis daerah dibandingkan dengan kabupaten dan kota lain di Pesisir pulau Jawa.. 🙂

  3. siswo prayitno

    keren tulisannya mas, sangat membantuuntuk orang2 yang ingin berpergian ke semarang. tidak banyak orang yang mau menulis seperti mas Alif

  1. Ping-balik: Berjalan di Kepingan Little Netherland “Kota Lama” | TANAH JAWA

  2. Ping-balik: Explore Museum Kereta Api Ambarawa | Syukron's dairy

  3. Ping-balik: desaktanjung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: