Masjid Agung Jawa Tengah

Sebuah masjid dengan keindahan arsitektur yang megah dibuat di lahan sekitar 10 hektar. Masjid ini dinamai Masjid Agung Jawa Tengah (MAJ). Masjid ini dibangun pada tahun 2001 sampai dengan 2006. Keindahan dan kemegahan bangunan merupakan daya tarik tersendiri. Banyak orang datang dari berbagai daerah untuk beribadah sekaligus berwisata dengan keluarga. Mulai dari lokal sampai luar propinsi bahkan mancanegara. Beberapa orang yang ditemui rata-rata motivasi mereka datang ke MAJ selain wisata juga dapat mendekatkan pada Sang Pencipta.

MAJ terletak di Jalan Gajah, beberapa kilometer dari Simpang Lima Semarang. Akses yang mudah terjangkau juga menjadikan MAJ sangat di gemari masyarakat. Kita bisa kesana dengan berbagai macam kendaraan, mulai dari bis sampai naik motor sendiri.

Untuk menuju Masjid Agung Jawa Tengah bisa melalui banyak rute dalam kota. Apabila Petualang memulai dari arah barat seperti Pekalongan dan Kendal, silakan menuju Mangkang – Kali Banteng (Bundaran Lurus arah Kota ke Jl Jendral Sudirman) – Tugu Muda – Jl Pandanaran – Simpang Lima – Jl Brigjend Sudiarto – Lottermart (Perempatan Lamper belok kiri – Jl Gajah, sekitar 20 menit maka akan sampai di depan Masjid Agung Jawa Tengah (sebelah kiri). Jika Petualang dari Kota Demak, rute yang bisa dilalui adalah : Jl. Kaligawe – Jl Raden Patah – Jl Widoarjo lalu belok kiri – Jl Citarum (SPBU belok kanan) – Jl Gajah – 10 menit sudah sampai di Masjid Agung Jawa Tengah.

Nah, bila dari arah selatan seperti Jogjakarta dan Solo bisa melewati AmbarawaUngaran – Banyumanik – Jl. Wahidin (pertigaan Java Mall belok kanan) – Jl Tentara Pelajar – Pasar Mrican belok kiri – Jl Lamper – Perempatan Lamper (Lotte mart) lurus – Jl Gajah – Masjid Agung Jawa Tengah.

MAJ sendiri cukup luas, belum bangunan sekitarnya. Termasuk serambi yang berada didepannya. Apabila kita memasuki MAJ, hanya dikenai infak parkir lima ratus rupiah bagi yang memakai motor. Belum masuk saja sudah di suguhi menara yang luar biasa tingginya. Dan eksotis serambi Masjid karya arsitektur mirip dengan bangunan Mesir sana.

Awal pertama yang dikunjungi adalah Menara MAJ. Ketika memasuki menara. Menara ini disebut sebagai menara Asma’ul Husna (99 nama Alloh yang baik) karena tingginya sekitar 99 meter.  Untuk masuk ke dalam menara kita membayar biaya wisata menara sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) saja. Cukup murah untuk apa yang didapatkan nanti. Namun memang karena lift yang digunakan sedikit, kita perlu sedikit sabar antri ke atas. Setelah mendapatkan antrian, beberapa detik saja kita sudah sampai ke atas menara.

Diatas menara kita bisa melihat lanscape Kota Semarang, mulai dari Pelabuhan, Laut, Simpanglima dan beberapa daerah yang lain. Subhanallah, begitulah kebanyakan masyarakat yang melihat dari atas menara. Menara yang begitu luas, menjadikan kita bebas dalam berjalan. Apabila kita tidak puas dengan pemandangan dari menara, Pengurus MAJ memberikan fasilitas teropong jarak jauh. Hanya memasukan koin lima ratusan kita bisa melihat Kota Semarang dari atas lebih dekat.

Setelah puas, saatnya turun. Karena kitapun harus berganti dengan para pengunjung yang lain. Namun jangan buru-buru turun ke lantai dasar. Kita sempatkan mampir ke Museum Islam yang letaknya di menara. Ketika memasuki museum, kita akan disuguhi dengan bermacam peninggalan islam jaman dulu. Kisah masuknya islam di jawa,dan beberapa karya islam yang menarik. Museum ini cukup tenang, jadi mudah untuk belajar dan melihat-lihat. Kita juga bisa melihat sejarah islam dengan menggunakan komputer layar sentuh yang tersedia beberapa buah.

Setelah puas dengan perjalanan ke menara MAJ, kita akan menuju serambi. Keindahan bangunan ini lebih banyak digunakan untuk berfoto ria, duduk santai bersama keluarga atau teman. Beraneka senyum ceria menghiasi wajah mereka yang terasa ringan. Nah, yang menarik adalah payung yang sangat besar, jumlahnya ada 6. Payung tenda ini bisa di buka dan ditutup sesuai kebutuhan seperti ketika sholat ied atau pengajian.

Apabila belum puas, kita bisa menaiki kereta mobil bersama anak dan keluarga yang tercinta memutari kawasan MAJ. Tempat pembelian tiket ada di sebelah menara. Untuk hal satu ini, kita tak perlu mengantri lama, karena disediakan beberapa kereta mobil.

Waktu menjelang sore, banyak pengunjung datang lebih banyak. Kitapun bisa melihat lampu-lampu MAJ dihidupkan secara bergantian. Beberapa saat kemudian terdengarlah adzan maghrib, jangan buru-buru pulang. Panggilan adzan bukan panggilan untuk segera pulang kerumah. Segera ambil air wudhu yang berada di bawah lantai dasar, karena iqomah tidak akan menunggu lama.

Nah, anda tertarik? Silahkan mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang) bila anda berkunjung ke Kota Wingko Babat ini..

Lihat Juga : Kota Lama Semarang : Jelajah Kampung Eropa Malam Hari
Masjid Agung Jawa Tengah : Dari Berbagai Sisi 

  1. salam. saya dari malaysia ingin ziarah semarang , demak, kudus dan akhirnya ke pondok gontor di ponorogo pada 30 oktober hingga 6 november 2012.

    Dari Kuala Lumpur , mungkin saya turun di Semarang atau Jogja. Bagaimanakah yang paling bagus ittinary nya. cadangan saya:

    1. Jogja ke semarang , ada direct bis ke? kalau ada termnal nya di mana dan berapa ongkosnya? ada kereta ke dari jogja ke semarang?
    2. Semarang Demak dan Kudus naik bis ke?
    3. Dari Kudus ke Ponorogo ada bis ke?
    4. Bagaimana kalau dari Kudus ke Solo , kemudian dari Solo ke pondok Gontor di Ponorogo? Mana yang paling bagus rutenya.

    Sekian makasih. wassalaam

    • Dear Naasiha Mohd Nasir,

      Sebelumnya terima kasih telah membaca blog coretan petualang..
      Untuk sekedar informasi, bahwa di Jogja (Adi Sucipto) dan Semarang (Ahmad Yani) sama-sama memiliki Internasional Airport. Untuk menuju ke tempat tersebut (semarang , demak, kudus dan pondok gontor di ponorogo) bisa melewati Airport Jogja dan Semarang.
      Rute yang paling efektif ada 2 pilihan:
      1. JOGJA – SEMARANG – DEMAK – KUDUS – kembali ke SEMARANG – SOLO – PONOROGO – kembali ke SOLO – JOGJAKARTA – MSIA.
      2. SEMARANG – DEMAK – KUDUS -kembali ke SEMARANG – SOLO/SURAKARTA – PONOROGO – kembali ke SOLO – JOGJAKARTA – MSIA.

      Jawaban:
      1. Apabila datang dari jogja, bisa menggunakan bus dari terminal Giwangan jogja – terminal Terboyo semarang, bus nya banyak macamnya cari saja yang beruangan AC. Kalau tidak ingin sibuk, bisa memakai Shuttle Bus dilakan kontak Cipaganti YOGYAKARTA Jalan Magelang kilometer 5.6, Phone. 0274. 919 4777 / 9124 888.
      Untuk ongkos Bus, saya tidak bergitu hafal, mungkin sekitar RP. 30.000,-. Kalau Shuttle Bus sekitar RP. 50.000 – 60.000,-
      Untuk Train Jogja – Semarang tidak ada.

      2. Dari Semarang menuju Demak/Kudus bisa naik bus kecil (biasanya 2 pintu)/ kelas ekonomi non AC. Boleh naik dari Semarang berhenti di Demak dulu, lalu hunting di Demak. Habis itu lanjutkan ke KUDUS.

      3. Dari Kudus kembali lagi ke Semarang dengan Bus yang sama atau bus arah menuju Semarang, lalu dari terminal Terboyo Semarang di lanjutkan ke arah Ponorogo. Coba untuk tanya petugas terminal Terboyo Semarang, ada tidak bus ke arah ponorogo, Jawa Timur. Kalau ada naik itu saja.
      Kalau tidak ada, terpaksa naik bus ke arah terminal Surakarta/solo lalu di terminal Surakarta cari bus ke arah Ponorogo.

      4. Arlternatif tersebut ada, tinggal bagaimana Nasir mau ziarah. Kalau mau explore dan jalan-jalan di Solo dulu yaa saya sarankan untuk naik bus dari terminal Semarang ke Solo. Dari Solo ke arah Ponorogo. Namun kalau tidak, bisa langsung ke Ponorogo, (tanya petugas terminal dulu yaa?). Nama busnya bisa Ismo, Safari. harga tiket eknomi AC sekitar Rp. 20.000,- (Non AC tentu lebih murah).

      Untuk pulangnya, dari Ponorogo langsung saja ke Airport Adi Sucipto Jogjakarta.

      Kalau masih bingung waktu di Indonesia, silakan kontak phone/sms saya di nomor 089 78 004 404. Insyalloh dibantu..

  2. salam. terima kasih tentang info yang di berikan. maaf kerana lambat membalas mesej. sebetulnya saya pulang ke desa untuk menyambut `eidul adha dan di desa tiada jalur internet.

    saya udah beli tiket pesawat ,esok 31 Oktober saya akan bertolak ke Bandung , sampai bandung jam 1545. Dari airport Bandung saya terus ke station kereta untuk ke semarang, sampai semarang 1 november jam 0600 siang. Tanggal 6 November jam 1800 saya naik pesawat dari Surabaya ke Bandung. Tanggal 8 November jam 0830 dari Bandung ke Kuala Lumpur.

    Jadi saya hanya punya masa 5 hari untuk melawat Semarang, Demak, Kudus , Jogja (mungkin Solo), pondok Gontor (bermalam) , Bangil dan Surabaya iatu dari tanggal 1 November hingga 5 November kerna 6 November jam 6 sore saya naik pesawat dari Surabaya ke Bandung.

    Saya enggak tahu masanya mencukupi atau tidak. kalau mas ingin bantu saya untuk ittineri nya bagus sekali .

    Terima kasih. wassalaam

  3. salam….saya seorng student di universiti sains islam malaysia…dan kami seramai 30 orang membuat perancangan untuk membuat lawatan antabangsa ke jawa tengah…boleh tak saya nak tau dimana lagi tempat yg menarik di jawa tengah selain MAJ….

    • Dear Nadiah,
      Banyak tempat menarik di Jawa Tengah.. beberapa sudah saya tulis di blog..
      Namun apabila ingin tempat spesifik islam bisa ke :
      1. Masjid Agung at Demak (sebelah timur semarang)
      2. Masjid Menara Islam at Kudus
      3. Keraton Surakarta and Jogjakarta (Surakarta and jogjakarta Palace)
      4. Masjid Mantingan at Tahunan Jepara.
      5. Masjid Kauman at semarang.

      Atau di luar tema ke islaman, bisa ke :
      1. Keraton Surakarta (Surakarta Palace) dulu palace islam (mataram islam)
      2. Keraton Jogjakarta (Jogjakarta Palace) dahulu palace islam (mataram islam)
      2. Gedong Songo Temple (Ambarawa)
      3. Train Museum at Ambarawa
      4. Dieng Temple, Telaga Warna dan pengilon (a lake) at Wonosobo/ Banjarnegara
      5. Borobudur temple at Magelang
      5. Prambanan Temple at Klaten/Jogjakarta

  4. sangat mengagumkn

  5. Salam….sy mau Tanya apakah bolih sy dari KL ke Solo dgn penerbangan airasia atau apa2 persawat…utk terus sy ke semarang dan tmp2 wisata menarik di daerah sana…tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.224 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: