Pantai Bondo, Pantai Pasir Putih di Ujung Kampung.

Sunset di Pantai Indah BondoMasih berpetualang tentang pantai, memang di Kabupaten Jepara dimana hampir sebagian daerah dikelilingi oleh pantai. Termasuk Pulau Karimunjawa yang sangat terkenal dan eksotis pemandangannya. Bagi masyarakat lokal Jerapa, banyak pantai-pantai kecil yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berbeda dengan pantai yang sangat terkenal seperti Pantai Kartini dan Pantai Bandengan, masih banyak pantai lain yang mempunyai keunikan sendiri. Misalnya pantai mpurancak (purancak) yang memiliki keindahan pantai dan hidangan seafood yang sangat lezat dan menggugah selera. Nah, ada pantai lagi yang berdekatan dengan pantai mpurancak, namanya Pantai Bondo.

Pantai BondoPantai Bondo, saya sendiri ndak tau kenapa bernama Bondo. Kalau dilihat dari bahasa jawa ‘bondo’ sendiri berarti harta. Pantai Bondo letaknya lebih ke utara kalau dibandingkan dengan pantai mpurancak dan Bandengan. Kalau dari kota Jepara, silakan ke arah utara menuju pertigaan Mlonggo, kalau ndak paham boleh kok tanya dimana Mlonggo :D. Dari pertigaan Mlonggo jalan sekitar 20 menit hingga sampai pertigaan Bondo (ke kiri – pantai, ke kanan – PLTU). Silakan kawan petualang belok kiri, dari jalan ini jalanan agak rusak, namun bisa di lewati oleh kendaraan baik motor hingga bus ukuran sendang. Perjalanan masuk sekitar 10 menit hingga bibir pantai.

Bondo Jepara PantaiSepanjang perkampungan pinggir pantai ini, petualang bisa cari view yang menarik sesuka hati. Dari ujung kampung ada dua jalan, mau lurus dan belok kanan. Semuanya sama-sama indah dan menarik. Kalau mau cari pantai pasir putih, hmm semuanya pantai dengan pasir putih. Kalau mau cari karang yang terjal, bisa lurus terus ke arah utara hingga ujung pantai. Dulunya ada tempat pelelangan ikan dan undang, namun kini hanya tingga bangunan roboh yang terhempas ombak lautan.

Batu Karang Pantai Bondo SunsetView ini memang cocok untuk memancing dan membakar ikan, saya sudah membuktikan dengan membeli ikan di pasar Manis (pertigaan pantai mpurancak) lalu membakarnya di pinggir pantai dengan view sunset yang teramat indah untuk dilewatkan. Tempat ini tentu saja tidak cocok untuk petualang yang mau berenang di pantai, karena hingga beberapa meter ke laut lepas, masih berupa bebatuan. Kalau mau berenang sangat di anjurkan di pantai yang berpasir putih. Ndak usah khawatir dengan batu karang, pantai Bondo hingga ke laut semuanya pasir. Berbeda dengan pantai Mpurancak dimana pada bibir pantai pasir putih namun 1 meter ke arah laut bebatuan.

langit sore pantai bondoUrusan kelaparan bukan jadi masalah disini, karena banyak warung kecil yang menyediakan aneka jajanan sederhana yang cukup untuk menahan lapar. Mulai dari mie hingga soft drink banyak dijajakan di warung-warung kecil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.224 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: