Berburu Pernak-Pernik Cantik dan Menarik di Pasar Johar Semarang.

Kalau Petualang ke Kota Wingko Babat ini, rasanya tidak menarik bila tidak berkunjung ke pasar tradisinoal terbesar di kota Semarang, yaap namanya Pasar Johar. Masyarakat pada umunya lebih mengenal dengan sebutan Johar, padahal selain Johar masih ada pasar Yaik yang bersebelahan dengan Pasar Johar. Walaupun belum dikatakan sebagai pusat oleh-oleh khas Semarang, namun keberadaan kios-kios penjaja souvenir, assesoris dan pernak-pernik cukup bisa diperhitungkan dan dibutuhkan tentunya. Kalaupun secara khusus Pemerintah Kota Semarang lebih bisa memikirkan tentang ”sentra souvenir khas Semarangan” tentu saja akan menjadi icon yang menarik, menjadi daya tarik tersendiri tentang Semarang. Idenya adalah bagaimana bangunan-bangunan yang menarik tersebar di Semarang mampu mengangkat pariwisata Semarang, seperti Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu, Tugu Muda, Gereja Blenduk, Masjid Kauman, Klenten Sam Po Kong dan tentu saja kuliner khas Semarangan dalam bentuk souvenir khas Semarangan seperti gantungan kunci, kaos oblong, miniatur dan lain sebagainya.

Saat ini, ketika tulisan ini dicoretkan, pusat souvenir belum merambah pada sektor kekhasan pariwisata Semarang, namun berupa pernak-pernik secara umum dan assesoris pernikahan. Keberadaan kios-kios yang berjajar berkumpul di Pasar Johar ternyata bisa menarik masyarakat terutama orang Semarang untuk berburu beraneka bentuk pernak-pernik yang biasanya digunakan untuk acara pernikahan. Dilihat sekilas, nampak bahwa ribuan bentuk dan warna menghiasi kios-kios di Pasar Johar. Baik kios yang kecil hingga besar, dari lantai 1 hingga lantai 2 (dua). Tak ubahnya seperti Mall, di Pasar Joharpun sangat ramai dan padat pengunjung. Panas dan sumuk tidak menghalangi masyarakat untuk berburu macam-macam pernak-pernik pernikahan yang menarik dan murah.

Gelas Souvenir

Bagaimana dengan harganya? Bisa dibilang cukup terjangkau untuk perekonomian sekarang. Tentu saja biasanya penjualan pernak-pernik ini dibatasi minimal penjualan dalam jumlah 100 pcs. Kurang dari 100 pcs maka harga bisa berubah lebih mahal, atau lebih dari 500 pcs harga bisa turun lebih murah. Sample saja, gelas. Gelas di pusat pernak-pernik Pasar Johar di patok mulai Rp. 3.000 – Rp. 15.000,- tergantung besar dan model gelasnya. Untuk gelas model transparan polos, harganya relatif lebih murah sementara untuk gelas dengan motif dan blur sedikit lebih mahal. Semakin kecil ukuran, semakin murah gelas tersebut. Umumnya harga tersebut sudah termasuk tambahan biaya cetak tulisan digelasnya, seperti tulisan mempelai, nama perusahaan, atau berbagai tulisan lain. Bahkan yang menarik adalah, membuat undangan pernikahan dari gelas, seperti pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Sekali pesan, undangan dan souvenir pernikahan sudah jadi.

Souvenir Pasar Johar

Kipas, merupakan pernak-pernik yang banyak dicari. Selian harganya yang bervariatif kipas juga bisa dipesan dengan berbagai model dan gaya pemesannya. Mau kipas polos atau diberi tulisan sablon dikainnya adalah pilihan konsumen. Harganya masih sama, antara Rp. 2.500 hingga Rp. 10.000,-, tentu saja Petualang harus bisa menawar harga agar lebih murah. Bagi yang ingin hemat, kipas bisa sekaligus dibuat kartu undangan pernikahan, toh biaya sablon ini tak lebih dari Rp. 1.000,-. Prinsipnya adalah kain dan bahan (kayu. plastik) kipas, kain yang polos dengan kain yang berenda tentu saja berbeda harganya, lebih mahal kain berenda. Sama-sama terbuat dari kayu, namun jumlah kayunya lebih banyak harganya tentu saja lebih mahal.

Souvenir di Pasar Johar

Selain gelas dan kipas masih banyak pernak-pernik cantik dan menarik lainnya di pasar Johar. Seperti boneka-boneka mungil, pemotong kuku dan pembuka botol, aneka tas kain dan tas batik, dompet mini, handuk kecil, mukena, gantungan kunci, hiasan magnet kulkas, tempat handphone, sisir dan kaca kecil, asbak, pensil dan berbagai macam pernak-pernik lainnya. Ada 2 (dua) kios yang Penulis sambangi dan berbagi cerita tentang bisnis dan pernak-perniknya. Kalau-kalau para Petualang sedang butuh pernah-pernik menarik, tidak ada salahnya say hello dulu sebelum survey. 1. Kios Cahaya Bagus Accesoris milik ibu Latifah yang ada di lantai 1 dekat dengan parkir jalan alon-alon barat (Jalan tengah pasar Johar) no telepon : 024-3588417, 08156570042. Atau dengan Kios Livita Accesoris dengan Ibu Hj. Anna, no telepon 024- 3547027 (bisa disebut juga Kios Agung Jaya yang berada di Pasar Johar atas lantai 2 no 29).

Penjual Souvenir Pasar Johar

Untuk urusan khusus pernikahan seperti barang srono (hantaran) dan mahar, bisa diotak-atik menjadi bentuk yang menarik dan unik di kios-kios penak pernik pasar Johar dengan membayar harga jasa saja atau sekalian membeli barang di kios. Untuk tarif jasa menghias barang hantaran pada umumnya tarif yang dikenakan sekitar Rp. 25.000,-, untuk barang mahar seperti seperangkat alat sholat dan sajadah dipatok dengan harga sekitar Rp. 40.000,-. Banyak bentuk yang bisa dibuat seperti bentuk masjid hingga kapal. Tergantung keinginan Pemesan, waktunya sekitar 2 hari jadi.

Nah, Petualang tertarik hunting pernak-pernik menarik cantik dan murah? Silakan berkunjung ke Pasar Johar Semarang sekalian nguri-uri pasar tradisional.

Baca Juga :

  1. Lebih Dekat Dengan Semarang : Catatan Sejarah Budaya
  2. Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.
  3. Kota Lama Semarang : Jelalah Kampung Eropa Malam Hari 
  4. Sejarah Semarang di Kali Mberok.
  5. Lawang Sewu yang Unik dan Artistik.
  6. Masjid Agung Jawa Tengah Megah Di Malam Hari.
  7. Masjid Agung Jawa Tengah : Dari Berbagai Sisi 
  8. Menelisik Masjid Kuno Semarang
  9. Pantai Marina Semarang.
  10. Pantai Maron Semarang.
  11. Keraton Surakarta : Perpaduan Kemegahan Eropa dan Keunikan Jawa.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 24 September 2011, in Ide, Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. hhh…hhh…hhuatttcihhh…………:D

  2. hehe…phewwitt……selamat2…..:D

    pergi ke mbah dukun aja ah….dukun beranak….haghaghag…..:))

  3. yeah…..pokoknya semoga lancar…..#piss……(berkibar bendera putih)…..:D

  4. mana…mana….sama undangannya sekalian…#payung terbalik….(berharap banyak sovenir yang dilempar….:D)

  5. Sampai lulus sma aku tinggal di smg banyak kenangan yg tak terlupakan diantaranya dulu suka jajan nasi gudeg yu yem yg jualan di dekat ps johar di alon2 depan bioskop rahayu. Apa masih ada ya? Mohon infonya bagi siapa saja yg tau dan saya ucapkan tks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.254 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: