Menikmati Getuk Trio, Jajanan Khas Magelang Yang Mak Nyuss.

Setiap tempat yang menarik di seluruh Indonesia, atau Jawa Tengah pastilah menemukan aneka jajanan yang nikmat mampu mengoda selera dan lidah untuk segera mencicipi dan merasakannya. Nah, kalau Petualang sedang menuju ke Magelang tidak ada salahnya untuk menikmati jajanan oleh-oleh khas Magelang yang disebut dengan Gethuk Trio. Magelang merupakan salah satu Kabupaten dan Kota yang berdekatan dengan surganya wisata Jawa Tengah seperti Surakarta, Prambanan yang berada di sebelah selatan Magelang. Serta berbatasan langsung dengan Propinsi Jogjakarta. Dibagian barat daya Magelang terdapat Komplek Candi Dieng, Sebelah utara ada Museum Kereta Ambarawa dan Candi Gedong Songo serta Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang. Di dekat Magelang sendiri ada obyek wisata yang menarik yang berada di sebelah timur, yaitu Ketep Pass.

Getuk sendiri merupakan makanan khas masyarakat Jawa Tengah, kalau di Sukaraja (Banyumas) terdapat getuk goreng, maka di Magelang ada Getuk Trio. Disebut Getuk Trio (tiga) karena memang secara fisik getuk ini seolah-olah terbagi menjadi tiga bagian yang dipisahkan oleh warna. Getuk ini dibuat dengan bahan utama dari ketela pohon (ubi) yang diramu dengan bahan alami seperti gula pasir yang berfungsi sebagai pengawet alami. Dalam pewarnaanya sendiri Getuk Trio biasanya berwarna kecoklatan dibagian tengah dan putih kedua sisi yang lainnya. Rasanya yang manis dan legit karena gula yang dicampur dengan santan yang menambah gurih dan mantap menikmati Getuk Trio.

Harga satu kardus Getuk Trio cukup bervariasi tergantung tempat pembelian dan merk Getuk Trio, harga Getuk Trio berkisar antara Rp. 11.000,- hingga Rp. 14.000,- / kardus. Beberapa merk Getuk Trio yang ada di Magelang juga banyak, seperti Getuk Trio, Getuk Marem, Getuk Eco, Getuk Sarinag, Getuk Trio Aroma, Getuk Millenium dan Getuk Trio Rasa. Kesemuanya menyajikan kelezatan yang sama dengan penampilan yang unik dan khas tersendiri. Untuk mendapatkan Getuk Trio Magelang, Petualang tidak harus bersusah payah mencari penjual makanan ini. Karena sepanjang jalanan di Magelang hampir seluruh toko makanan dan oleh-oleh menyajikan Getuk Trio yang menyebar seantereo Magelang.

Untuk mandapatkan Getuk Trio dengan kualitas dan rasa yang lezat, silakan Petualang untuk melihat tanggal kadaluarsa yang biasanya tertera di kardus. Apabila tidak yakin, bisa untuk melihat Getuk Trio apakah sudah memutih karena jamur atau lembab. Biasanya, Getuk Trio bisa bertahan sakitar 10 hari.

Beberapa merk pembuat Getuk Trio yang berkembang di Magelang cukup banyak, ini daftar Getuk Trio yang bisa menjadi catatan :

  • Getuk Trio : (Ir. Hery Wijayanto) Jl Mataram no 47 Kota Magelang. (0293-363536)
  • Getuk Marem : (Hartini Hanggono) Jl. Beringin 2, Kota Magelang. (0293-5505366 / 0816616962)
  • Getuk Eco : (Ridwan Purnomo) Jambon Tengan 289 Kota Magelang. (0293-365190)
  • Getuk Sarinah : (Ibu Gunadi) Jl. Ahmad Yani No. 64 Kota Magelang.
  • Getuk Trio Aroma : (Unggul Budi Riyanto). Paten Gunung Kota Magelang. (0293-363751)
  • Getuk Millenium : (Wahyu Cahyono) Paten Gunung Rejo Selatan Kota Magelang. (0293-367078)
  • Getuk Trio Rasa : (Unggul Pramono) Karang Lor No. 156 Rejo Utara Kota Magelang.
Namun, Petualang bisa mencari merk tersebut atau yang lainnya di toko-toko yang ada disepanjang Magelang. Nah, kalau sedang jalan-jalan ke Jogjakarta atau Surakarta atau mana saja yang melewati Magelang, tidak mengapa untuk mampir sebentar dan menikmati jajanan khas Magelang yang mak nyuss, Getuk Trio..

……..

Baca Juga:

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 13 Juli 2011, in Kuliner and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.254 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: