Kebun Teh Medini : Petualang Alam

Tak banyak orang yang tahu tentang Kebun Teh Medini. Kecuali beberapa masyarakat di sekitar Pengunungan Ungaran dan beberapa pandaki gunung. Yaa, Kebun teh Medini terletak di perbukitan pengunungan Ungaran, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di sebelah utara atau berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kebun Teh Medini terletak di ketinggian 1500DPL yang merupakan wilayah Kabupaten Kendal. Biasanya para pendaki yang akan melakukan perjalanan pendakian ke pengunungan Ungaran akan melewati kebun teh Medini. Ini salah satu jalur yang memang biasa di lewati oleh para Hikingers. Kerena setelah melewati kebun teh Medini para Hikingers akan beristirahat di barak yang dikenal dengan nama Promasan.Perdalam Coretan

Perjalanan menuju kebuh teh Medini memang tidak semudah dan segampang perjalanan menuju obyek wisata lainnya dan Mall tengah kota.  Karena memang jalan yang di pergunakan adalah standar truck pengangkut teh, bukan mobil mewah. Rata-rata menggunakan kendaraan roda dua atau jeep dan sejenisnya. Walaupun mobil L300 bisa naik ke atas juga. Apabila dimulai dari kota Semarang, para petualang dapat melewati jalur Pasar Jrakah – Boja melewati kecamatan Mijen dan Cangkiran. Ketika memasuki wilayah Cangkiran, para petualang silakan lurus menuju Taman Rejo, kalau belok ke kanan akan menuju Kecamatan Bojo.

Apabila dari Ungaran, para petualang bisa melewati jalur Pasar Ungaran – Gunung Pati – Cangkiran. Memang semua jalur ini sempit dan perlu ekstra hati-hati. Perjalanan pertama memang lebih mudah kerana jalan aspal juga sangat enak dilewati. Setelah melewati kelurahan Taman Rejo yang termasuk wilayah Kecamatan Limbangan para petualang akan melewati jalur menuju Medini yang berbatu dan tidak mulus.

Nah, di jalur ini petualang diharuskan untuk sabar dan ektra waspada dengan kondisi jalanan. Perjalanan dari ujung aspal pertama hingga Pintu masuk Kebuh Teh Medini kurang lebih 30 – 40 menit tergantung kendaraan yang digunakan. Petualang akan melewati Desa Gempol, dan beberapa desa lainnya. Tips : lebih mudah petualang melewati jalur dalam desa ketimbang luar desa yang berbatu. Orang-orang di desa sangat supel jadi jangan takut untuk bertanya.

Sesekali mengabadikan jalanan dan kondisi sekitar juga penting. Setelah melewati desa terakhir, maka pera petualang akan melewati jalur dengan track yang berkelok-kelok dengan pemandangan bukit dan beberapa tanaman kopi. Udara mulai dingin dan sejuk, jadi memang perlu persiapan jaket apabila kedinginan. Track yang ini mudah untuk di jangkau karena jalannya cenderung lebih mulus ketimbang jalan yang sebelum desa.

Apabila memasuki jalan Promasan, maka petualang akan mendapati pintu tiket masuk menuju Kebun Teh Medini, hanya dengan biaya Rp. 2.500,- petualang bisa merasakan sejuknya udara yang alami tanpa polusi. Lalu silakan berjalan melewati pabrik teh menuju kebun teh yang luas, tentu saja dengan motor dan mobil.

Kebun teh memiliki banyak jalur yang saling menjauh satu sama lain, dan sedikit yang berhubungan. So, apabila petualang berniat berjalan kaki untuk hiking silakan untuk mengambil jalur sebelah kiri menuju Promasan karena jalur ‘tikus’ ini merupakan jalur yang termudah dan terdekat untuk sampai ke Promasan. Apabila memakai mobil L300, maka Medini adalah perhentian terakhir. Apabila memakai Jeep atau motor bisa naik lagi menuju Promasan dan Gua Jepang dengan mengambil jalur tengah.

Cukup indah pemandangan yang akan didapat, dengan kebun teh yang luas. Dimana mata memandang, disitu tamanan teh berjajar satu sama lain yang hijau dan elok. Dengan jalur yang berkelok-kelok, akan menambah senang suasana perjalanan. Memang para pertualang harus sabar dan hati-hati dengan kondisi jalanan, karena jalur ini di dedikasi untuk truck pengangkut para ibu memetik teh.

Tujuan utama selain di Medini adalah Barak Promasan dan Gua Jepang. Perjalanan dangan naik motor sekitar 30 menit dari Medini. Apabila sudah sampai barak Promasan, petulang bisa beristirahat di warung-warung yang berada di sekitarnya. Juga ada kolam air yang sejuk dan tentu saja dingin. Setelah istirahat, petualang bisa melanjutkan perjalanan ke Gua Jepang. Disebut Gua Jepang memang Gua ini di buat olah Jepang untuk sarana perang jaman dulu. Tips : Silakan masuk membawa senter yang terang dan jangan sendirian karena banyak ruangan. Sesuaikan mata dahulu di sudut terluar sebelum memasuki gua. Perjalanan memasuiki Gua hanya sekitar 15 menit atau kurang.

Setelah selesai, maka ada petualang yang tak kalah menarik yaitu Air Terjun yang tinggi dan indah. Letaknya di sekitar Pabrik Teh Medini atau pintu masuk tiket tadi. Nah, petualang bisa memilih mana tempat yang akan didatangi. Apakah akan ke air terjun, lalu ke kebun teh Medini. Atau Kebun teh Medini dan Gua Jepang Promasan. Atau semuanya, tergantung fisik dan mood.

Air terjun ini bernama Curug Lawe (curug : waterfall), memang di jawa tengah banyak curug-curug yang bemana Curug Lawe. Memang, namanya sama namun beda tempat. Seperti di sekitar Gunungpati atau masuk wilayah Kalisidi ada juga Curug Lawe. Curug Lawe Medini ini hanya bisa di akses dengan berjalan kaki saja. Perjalanan membutuhkan waktu 15-20 menit dari pintu tiket masuk. Melewati jalan setapak yang berkelok-kelok, bagi hikingers hal seperti sangat menyenangkan dan mudah. Namun bagi para petualang yang tak biasa berjalan kaki, tips : silakan jalan pelan-pelan dan sesekali istirahat. Banyak bangunan yang di buat oleh Pabrik Teh Medini sebagai sarana camping Ground dan istirahat.

Curug Lawe Medini memang belum banyak di akses orang, bahkan pengelolaan yang belum sebagus Gonoharjo dan Nglimut (Petualang selanjutnya). Bisa jadi disebabkan karena akses jalan menuju Curug Lawe ini susah untuk di jangkau kebanyakan orang. Jalanan yang ekstra sulit dan jauh. Namun Curug Lawe tetap mempunyai potensi selama Pemerintah mau mengembangkannya.

Di Curug Lawe, petualang akan disuguhi pemandangan alam yang sangat-sangat alami dan indah menajubkan. Petualang perlu hati-hati karena waterfall ini tak semudah di jangkau orang untuk mendekati pusat jatuhnya air. Masih banyak hewan-hewan liar yang berkeliaran seperti kera, gareng pong, lintah dan mungkin ular (yang ini penulis juga belum melihat). Airnya yang dingin dan segar bisa dibuat mandi setelah perjalanan yang pernuh keringat.

So, siapkan segala hal yang perlu untuk menantang bahaya di Kebuh Teh Medini. Apabila petualang takut, silakan untuk mencoba sekali saja….

 

 

 

 

 

———————————————————————

Update foto kebun teh Medini Kab Kendal, Semoga membantu para petualang dan pecinta alam.

Kebun Teh Medini Kendal

Kebun Teh Medini Kendal

 

Jalanan Berkelok di Kebun Teh Medini

Jalanan Berkelok di Kebun Teh Medini

 

Kabut di Kebun Teh Medini

Kabut di Kebun Teh Medini

Pohon di kebun teh medini

Pohon di kebun teh medini

 

Jalan Terjal di Kebun Teh Medini

Jalan Terjal di Kebun Teh Medini

 

 

 

 

 

————————————————-

Lihat Juga :

  1. Nglimut Gonoharjo, Air Panas dan Pegunungan
  2. Museum Ranggawarsita Jawa Tengah.
  3. Explore Museum Kereta Api Ambarawa. 
  4. Pantai Maron Semarang.
  5. Keraton Surakarta : Perpaduan Kemegahan Eropa dan Keunikan Jawa.
  6. Kota Lama Semarang : Jelajah Kampung Eropa Malam Hari
  7. Sejarah Semarang di Kali Mberok.
  8. Candi Gedong Songo : Candi Yang Hilang di Bukit Ungaran.

About Alif Kecil

Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti.

Posted on 17 Januari 2011, in Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. pernah sih..ke kebun teh medini, kita menginap 2 malam disalah satu tempat / gudang panen tehnya, rame2 dengan teman satu kelompok KIR waktu SMA th 1993, OK juga lho hutan disekitar kebun teh..masih asli..sekarang apakah masih sama ya???

    • Foto itu di ambil sekitar 1 tahun yang lalu. Kondisinya masih sama, jalan berkelok-kelok, berbatu, curam dan tentu saja dingin..
      Dan yang bagus, curug lawe masih dalam kondisi asli, belum banyak di rusak oleh yang tidak bertanggungjawab…

  2. medini memang indah ttp sayang tidak aada promosi yang memperkenalkannya bahkan untuk menuju ke sana saja bingung tidak ada rambu2 jalan yang bisa di ikuti atau di baca sayang deh

    • Bener,mas. Tapi sebenarnya sudah di promosikan, namun belum secara masif.. Cuma sekedar memberi informasi. Di web kabupaten Kendal sudah ada, hanya berupa tulisan sedikit.

      Memang secara infrastruktur, belum dikelola secara maksimal dan menguntungkan. Selain rambu yang tidak banyak, akses jalan menuju perkebunan teh Medini masih belum bagus..

  3. brusan td dr stu > subhaAllah. sngat indah sejuk Puas pokony he2…

  4. kemarin mau kesitu sampai di ungaran aku tanya2 sama org situ nggak ada yang tahu kebun teh medini akhirnya nggak jd kesana.

    • Kebun Teh Medini letaknya di sekitar daerah Pemandian Air Panas Nglimut, Gonoharjo.. Kebun Teh ini masuk dikabupaten Kendal, Kalau Dari Pemandian Air Panas Nglimut ke arah gunung ungaran bisa ketemu Kebuh Teh Medini..
      Kalau dari ungaran bisa lewat Kecamatan Gunungpati (Semarang) – Cangkiran – Nglimut – Medini. Semoga Membantu.. ^_^

  5. hahahaaa…
    itu mah sering aku ke sna , orang di buat acara diklat bantara san , trus juga pak RT sana , mbah ny temen ku yg punya warung ituu ..

    • Mbak Ajeng, terima kasih telah mampir..
      Kebuh teh Medini memang asyik, dingin sejuk dan panorama yang indah.
      Kalau mau ke promasan, harus usaha yang luar biasa karena jalannya memang standart buat truk dan jeep..

  6. pengen kesini …. NOted arah

  7. aku malah tinggal disitu :)

  8. aku dulu sering kesana hampir setiap minggu sekali :)
    tapi gak pernah bosen

  9. tapi skrg jln nya susah.. kya kali asat..

  10. Actually no matter if someone doesn’t be aware of after
    that its up to other visitors that they will help, so here it takes place.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.256 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: